Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suriah Berencana Bentuk Komite Pemulangan Pengungsi

Kompas.com - 06/08/2018, 22:53 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

DAMASKUS, KOMPAS.com - Pemerintah Suriah tengah berencana untuk membentuk sebuah komite yang bertugas mengkoordinasikan proses pemulangan jutaan pengungsi yang melarikan diri dari konflik di negara itu selama tujuh tahun terakhir.

Rencana tersebut telah disetujui oleh kabinet Suriah di bawah rezim Presiden Bashar Al Assad pada Minggu (5/8/2018).

Kabinet telah setuju untuk membentuk komite koordinasi untuk kembalinya warga yang melarikan diri ke luar negeri kembali ke kota dan desa mereka. Demikian diberitakan kantor berita SANA.

Baca juga: Presiden Assad: Kemenangan dalam Perang Saudara Suriah Makin Dekat

Perang antara kelompok pemberontak dengan pasukan pro-pemerintah pecah pada 2011 dan telah menyebabkan hingga lebih dari lima juta warga Suriah mengungsi ke luar negeri.

Sebagian dari pengungsi Suriah tersebut saat ini ditampung di Turki, sementara sisanya berada di Yordania dan Lebanon.

Jika telah dibentuk, komite nantinya akan mengambil langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menyelesaikan status para pengungsi dan memastikan keamanan dan layanan dasar saat mereka kembali ke daerah.

Komite juga akan mengambil langkah-langkah untuk memastikan para pengungsi dapat kembali memperoleh kehidupan normal dan pekerjaan mereka seperti saat sebelum terjadinya peperangan.

Ditambahkan SANA, komite koordinasi akan mengintensifkan kontak dengan negara-negara sahabat dalam menyediakan dan menfasilitasi, serta mengambil langkah yang tepat untuk kepulangan para pengungsi.

Baca juga: Rusia Desak AS Bantu Rekonstruksi Suriah yang Hancur karena Perang

Wacana untuk pemulangan para warga Suriah yang mengungsi di negara-negara tetangga mulai dibahas setelah pemerintah rezim Assad dapat merebut kembali sebagian besar wilayah yang dikuasai pemberontak.

Sebelumnya, Rusia telah meminta kepada Amerika Serikat untuk membantu dalam proses rekonstruksi wilayah Suriah yang hancur akibat perang sehingga siap untuk menerima kembalinya warga yang mengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com