Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Saja yang Berkuasa di Wilayah Palestina Sekarang?

Kompas.com - 26/04/2024, 17:09 WIB
Paramita Amaranggana,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

SEBANYAK 5,5 juta warga Palestina, baik yang ada di Tepi Barat dan Jalur Gaza saat ini, berada di bawah kendali otoritas campuran antara Palestina, Hamas, dan Israel. Secara resmi, warga Palestina sebenarnya memiliki dua perwakilan yaitu Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) untuk di forum internasional dan Otoritas Palestina yang memerintah sebagian besar Tepi Barat. Israel juga memiliki kontrol signifikan atas wilayah Palestina, baik secara de facto atau resmi. Sementara Jalur Gaza berada di bawah kontrol kelompok Hamas.

Bagaimana Pembagian Kekuasaan di Wilayah Palestina?

Di tahun 1990-an, PLO dan Israel menandatangani Perjanjian Oslo dan Perjanjian Gaza-Jericho, sebuah kesepakatan yang membagi wilayah kendali di Jalur Gaza dan Tepi Barat (kecuali Yerusalem Timur) antara Israel dan Otoritas Palestina yang saat itu baru dibentuk dengan harapan Tepi Barat dan Jalur Gaza pada akhirnya akan menjadi satu kesatuan negara Palestina.

Baca juga: Apa Status Palestina di PBB?

Karena konflik Israel-Palestina yang berkepanjangan, kedua wilayah tersebut kini justru terbagi menjadi tiga wilayah sebagai berikut:

  • Area A: Area ini mencakup sebagian besar Jalur Gaza dan sekitar 17 persen wilayah Tepi Barat. Area A merupakan wilayah yang paling padat penduduk dan paling mengalami urbanisasi. Di bawah Perjanjian Oslo, Area A seharusnya dikendalikan penuh oleh Palestina, termasuk urusan sipil serta keamanannya. Namun, sejak Oktober 2023, Israel telah memasuki kawasan ini dengan tujuan melenyapkan Hamas. Demikianlah saat ini, Area A juga berada di bawah kontrol Israel.
  • Area B: Area B mencakup hampir seperempat Tepi Barat yang sebagian besar terdiri dari daerah pedesaan. Di Area B, Israel dan Palestina bekerja sama dalam hal keamanan. Namun untuk urusan sipil, Otoritas Palestina yang bertanggung jawab penuh. Di Area B, Israel memiliki hak untuk mengontrol pergerakan barang dan manusia.
  • Area C: Sisa lahan dari wilayah Palestina disebut sebagai Area C. Area ini memiliki sebagian besar sumber daya alam di Tepi Barat dan berada di bawah kendali penuh Israel. Area C didominasi oleh pemukim Israel yang berjumlah sekitar 700.000 orang. Kebanyakan dari mereka tinggal di dekat perbatasan dengan Israel, namun hukum internasional menyatakan pemukiman mereka tersebut ilegal.

Hamas di Jalur Gaza

Hamas merupakan sebuah kelompok bersenjata dan partai politik yang didirikan pada masa pemberontakan Palestina pertama terhadap Israel di tahun 1987-1993. Hamas telah menguasai Jalur Gaza sejak tahun 2006.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com