Kapal Migran Terbalik di Sungai Turki, Tiga Tewas Tujuh Hilang - Kompas.com

Kapal Migran Terbalik di Sungai Turki, Tiga Tewas Tujuh Hilang

Kompas.com - 13/02/2018, 23:56 WIB
Salah seorang migran Afrika terombang-ambing di laut saat hendak diselamatkan. Foto diambil pada 6 November 2017.Alessio Paduano / AFP Salah seorang migran Afrika terombang-ambing di laut saat hendak diselamatkan. Foto diambil pada 6 November 2017.

ANKARA, KOMPAS.com - Tiga orang, dua di antaranya anak-anak, tewas tenggelam setelah kapal yang akan membawa mereka melintasi sungai di Turki menuju Yunani terbalik. Tujuh penumpang lain masih dinyatakan hilang.

Sepuluh migran tersebut menumpang kapal karet dan berusaha menyeberang ke Yunani melewati sungai Evros, yang membentang di dekat perbatasan kedua negara.

Kantor berita Dogan, dilansir AFP, melaporkan, korban meninggal yakni seorang perempuan berusia 37 tahun, serta dua anak masing-masing berusia 10 dan 5 tahun. Ketiga jenazah ditemukan pada Selasa (13/2/2018) dini hari di provinsi Edirne, barat laut Turki.

Baca juga: 20 Mayat Migran Ditemukan di Laut Mediterania

Korban perempuan diketahui berasal dari Turki, sementara kedua anak kecil belum diungkapkan identitasnya.

Tiga warga Pakistan telah ditahan karena dicurigai bertindak sebagai pemandu para migran melintasi perbatasan. Demikian dilaporkan Dogan tanpa keterangan lebih lanjut.

Pemerintah Turki terdampak kesepakatan dengan Uni Eropa pada 2016 dalam upaya membendung arus migran ke Eropa yang kebanyakan melakukan penyeberangan melalui jalur laut yang berbahaya dengan melintasi Laut Aege dari Turki barat ke Yunani.

Kelompok bantuan menyebut saat ini semakin banyak migran yang berusaha menyeberang ke Eropa melalui Evros meski mengetahui derasnya arus sungai.

Baca juga: Kapal Migran Terbalik, 90 Orang Dikhawatirkan Tenggelam


Komentar

Close Ads X