Kompas.com - 28/12/2018, 18:44 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Pasukan Suriah dilaporkan telah memasuki kota di kawasan utara Manbij, dan merupakan momen pertama dalam enam tahun terakhir.

Juru bicara militer Suriah dikutip AFP Jumat (28/12/2018) berkata, bendera nasional dibentangkan di Manbij, berlokasi 30 km di selatan perbatasan Turki.

Baca juga: Ditinggal AS, Kurdi Suriah Minta Bantuan Assad dan Rusia

Masuknya pasukan pemerintah ke Manbij terjadi setelah milisi Kurdi mengajukan permintaan bantuan untuk melindungi mereka dari Turki.

Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG), milisi Kurdi utama di Suriah, mengajukannya buntut keputusan Amerika Serikat (AS) untuk menarik militer dari Suriah.

YPG meminta pasukan pemerintah untuk menempati daerah yang sempat ditinggalkan pada awal 2018 ini, terutama Manbij, kota utama tempat pasukan koalisi pimpinan AS bermarkas.

"Kami mengundang pasukan pemerintah untuk menempati area yang pasukan kami tinggalkan. Terutama Manbij," demikian pernyataan YPG.

Namun, Al Jazeera melaporkan masyarakat Manbij menyatakan mereka belum melihat pasukan pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

"Warga Manbij mengaku mereka belum melihat tanda pasukan Suriah. Namun yang pasti, mereka melihat tentara sudah berada di luar kota," ulas Al Jazeera.

YPG merupakan tulang punggung aliansi milisi Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Dengan YPG menjadi ujung tombak, SDF merebut Manbij dari ISIS pada 2016, sebuah batu loncatan dari koalisi pimpinan AS untuk memerangi kelompok tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.