Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditinggal AS, Kurdi Suriah Minta Bantuan Assad dan Rusia

Kompas.com - 28/12/2018, 18:08 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

DAMASKUS, KOMPAS.com - Milisi Kurdi Suriah dilaporkan meminta bantuan kepada pemerintahan Presiden Bashar al-Assad dan juga Rusia.

Permintaan itu disampaikan setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan rencana penarikan pasukan dari Suriah.

Baca juga: Uni Emirat Arab Buka Kembali Kedutaan Besar di Suriah setelah 7 Tahun

Dilansir Newsweek Kamis (27/12/2018), Pasukan Demokratik Suriah (SDF) menjadi tulang punggung AS dalam memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Namun penarikan pasukan AS dari Suriah membuat SDF, terutama Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG), rentan terhadap serangan Turki.

Karena itu, sayap politik SDF mengirim delegasi ke Damaskus dan Moskwa untuk menegosiasikan perlindungan melawan Turki.

Politisi Kurdi Aldar Xelil dikutup Reuters berujar pihakya bakal mengagendakan pertemuan lain untuk meyakinkan rezim Assad untuk membantu mereka.

"Kontak kami dengan Rusia dan juga rezim Suriah dengan jelas bertujuan melindungi perbatasan utara. Kami ingin Rusia juga berperan penting menciptakan stabilitas," ucap Xelil.

Pada 2000, pemerintahan Baathis yang dipimpin ayah Assad, Hafez al-Assad, mempunyai sejarah bekerja sama dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Ankara menganggap PKK sebagai teroris karena konflik yang terjadi dalam 30 tahun terakhir. Adapun YPG dianggap sebagai kepanjangan PKK.

SDF menyebut keputusan Trump untuk memulangkan sekitar 2.000 prajurit AS yang bertugas di Suriah sebagai "tikaman dari belakang".

Sihanouk Dibo, penasihat Partai Persatuan Demokratik Kurdi (PYD) berkata pola hubungan antara pihaknya dengan Suriah adalah peredaan, konfrontasi, dan negosiasi.

Dibo menyebut langkah terakhir merupakan kebijakan yang paling aman, paling disukai, dan tentunya terbaik bagi kedua belah pihak.

"Kami harus berpikir bahwa ini adalah agenda yang membawa semua orang di Suriah menuju kemenangan. Baik rakyat, agama, maupun kebudayaan," tuturnya.

Baca juga: Dalam Pesan Natal, Paus Fransiskus Serukan Damai di Yaman dan Suriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com