Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Kurdi Suriah Siap Berdialog dengan Rezim Assad

Kompas.com - 07/06/2018, 13:50 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

DAMASKUS, KOMPAS.com - Kelompok Kurdi yang menguasai wilayah Suriah timur laut menyatakan siap untuk mengadakan pembicaraan dengan rezim Bashar Al-Assad guna membahas masa depan daerah itu.

Melansir The New Arab, kelompok politik Front Demokratik Suriah yang dekat dengan pemerintah telah mengunjungi pemerintahan pimpinan Kurdi untuk membahas rencana dialog dengan rezim Assad.

Wacana dialog tersebut muncul usai Turki dan AS menyepakati rencana penyelesaian sengketa atas kota Manbij di Suriah utara yang selama ini dikendalikan kelompok Kurdi yang didukung AS, sekutu utama Washington yang turut membantu mengusir ISIS dari Suriah.

"Tujuannya adalah untuk mengembangkan solusi antar-Suriah dan menutup pintu konflik dan juga perang," kata Aldar Khalil, pejabat senior Kurdi, Rabu (6/6/2018).

Baca juga: Ketika Warga Sipil Kurdi Suriah di Afrin Ikut Berperang Melawan Turki

Saat ini dipandang menjadi waktu yang tepat untuk berdialog dengan pemerintah Suriah, karena rezim Assad juga menentang kesepakatan Turki dengan AS atas kota Manbij.

Pemerintahan yang dipimpin Kurdi saat ini tengah dalam tekanan untuk mengklarifikasi hubungannya dengan Damaskus, usai Presiden AS Donald Trump berjanji menarik pasukannya dari Suriah.

"Kami memiliki impian untuk mengakhiri peperangan. Kami ingin menyelamatkan rencana pemerintahan kami sendiri dan Amerika peduli akan hal itu juga," kata Ilham Ahmed, wakil ketua Dewan Demokratik Suriah yang didukung AS.

Belum ada tanggapan dari Damaskus terkait pernyataan kelompok Kurdi tersebut. Namun dalam dialog sebelumnya antara Kurdi Suriah dengan Damaskus yang disponsori Rusia tidak tercapai kesepakatan.

Sebelumnya, Perdana Menteri Turki Binali Yildrim mengatakan, dengan kesepakatan atas kota Manbij dengan AS maka Ankara akan sukses menghapuskan ancaman teror dari daerah perbatasan sepanjang 250 kilometer yang membentang dari barat Sungai Eufrat hingga Laut Tengah.

Baca juga: Turki Peringatkan Pasukan Kurdi untuk Segera Tinggalkan Kota Manbij

Kesepakatan bersama antara Turki-AS membayangkan patroli gabungan kedua negara di sekitar kota Manbij setelah mundurnya milisi Kurdi.

Namun kesepakatan itu juga berpeluang memaksa penataan kembali pasukan di sepanjang perbatasan Suriah dengan Turki sekaligus mengecilkan wilayah yang kini dikendalikan Pasukan Demokratik Suriah pimpinan Kurdi yang didukung AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com