Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latihan Bersama Kapal Perang Korea Selatan, AS Arahkan Senjata ke Pyongyang

Kompas.com - 11/11/2017, 14:39 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Sejumlah kapal perang Korea Selatan telah bergabung dengan tiga kapal induk AS pada Sabtu (11/11/2017) dalam agenda latihan bersama angkatan laut di perairan Pasifik.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan, sebanyak tujuh kapal perangnya, termasuk tiga kapal perusak.

Mereka bergabung dalam latihan angkatan laut selama empat hari di Pasifik bersama USS Ronald Reagan, USS Nimitz dan USS Theodore Roosevelt milik AS.

Baca juga: Armada Tempur AS Kawal Kedatangan Trump di Seoul

"Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan pencegahan terhadap ancaman nuklir dan rudal Korea Utara, serta menunjukkan kesiapan untuk menangkis tindakan provokatif Korea Utara," kata jurubicara kementerian.

Latihan militer bersama yang melibatkan kekuatan militer AS tersebut telah beberapa kali dilangsungkan di perairan Pasifik.

Korea Utara mengecam latihan tersebut dengan menyebutnya sebagai latihan untuk invasi dan menjawab dengan melakukan manuver militer serta uji coba rudal.

Sementara dari angkatan laut AS mengatakan latihan yang dilakukan meliputi pertahanan udara, pengawasan laut, pertempuran udara dan operasi lainnya.

Digelarnya latihan juga bertepatan dengan kedatangan Presiden AS Donald Trump ke Seoul dan Beijing.

Dalam pidatonya di hadapan parlemen Korea Selatan, Rabu (8/11/2017), Trump memperingatkan Korea Utara untuk tidak meremehkan AS dan menawarkan Kim Jong-Un masa depan yang lebih baik jika dia bersedia melepaskan ambisi nuklirnya.

Baca juga: Korea Selatan Sepakati Pembelian Senjata dari AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com