Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2020, 14:21 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan melaporkan 15 kasus terbaru terkait virus corona pada Rabu (19/02/2020). Angka ini mencapai 50 persen peningkatan, termasuk yang terbesar sebanyak 11 orang di Daegu Selatan.

Dilansir dari AFP, Korea Selatan yang bergantung pada perdagangan mengalami kejatuhan ekonomi yang disebabkan virus corona. 

Pusat Kontrol Penyakit dan Pencegahan Korea mengungkapkan bahwa terdapat 15 kasus baru virus corona yang dikonfirmasi. Jumlah orang terinfeksi di negara itu meningkat dari angka 31 menjadi 46 orang.

13 orang yang terinfeksi berasal dari Daegu dan wilayah dekat Provinsi Gyeongsang Utara. 11 orang dari 13 yang berasal dari Daegu dan dekat Provinsi Gyeongsang Utara itu yakin tertular dari seorang pasien wanita lansia berusia 61 tahun. Sebab, 10 orang dari mereka berada satu gereja dengan sang lansia.

Baca juga: Wisatawan Indonesia Tetap Pergi ke Singapura, Tak Takut Virus Corona

Si lansia dikabarkan pertama kali menderita demam pada 10 Februari. Dia menolak untuk diperiksa terkait virus corona dengan alasan dia belum pernah pergi ke luar negeri.

Dia tidak dikarantina selama sepekan kemudian. Dan baru dikonfirmasi menderita virus corona sejak 31 Januari lalu.

Kini, pemerintah Seoul telah menutup akses turis dari Hubei, salah satu provinsi di China yang diyakini sebagai pusat dari penyebaran virus corona. 

Pemerintah Korea juga menangguhkan visa masuk ke kepulauan Jeju, di mana kepulauan ini terkenal di kalangan turis China. Namun demikian, pemerintah Korea masih belum mengeluarkan larangan umum tentang pendatang dari China.

Baca juga: Sempat Dibantah, Direktur Rumah Sakit di Wuhan Meninggal karena Virus Corona

Sampai saat ini di seluruh dunia, terdapat lebih dari 75 ribu kasus orang terinfeksi virus corona dan lebih dari dua ribu korban meninggal. Meski begitu, sebanyak lebih dari 14 ribu orang dinyatakan sembuh dari virus corona.

Adapun di pusat kota penyebarannya, Wuhan, Provinsi Hubei, dilaporkan bahwa sebanyak 1.660 kasus baru orang terinfeksi virus corona dengan angka kematian mencapai 116 jiwa.

Terdapat 9.100 orang dinyatakan sembuh di Hubei dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Dan sebanyak 11.200 orang sedang mengalami kondisi kritis.

Baca juga: Dianggap Penyebab Virus Corona, China Bakal Keluarkan Larangan Konsumsi Hewan Liar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com