Kompas.com - 07/11/2017, 20:08 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

SEOUL, KOMPAS.com - Kedatangan Presiden AS Donald Trump ke Korea Selatan ternyata dikawal armada tempur yang besar.

Di hari kedatangan Trump ke Seoul, Selasa (7/11/2017), sebanyak tiga kapal induk AS, yang disertai penghancur rudal kendali dan kapal selam.

Armada tersebut akan melakukan sebuah simulasi pertempuran di perairan Pasifik. Demikian pernyataan angkatan laut AS.

Baca juga: Kapal AS Berlayar Dekat Pulau Buatan China di Laut China Selatan

Dikutip dari CNN, latihan tersebut kemungkinan menjadi ajang unjuk kekuatan oleh AS dan bisa dilihat oleh Korea Utara sebagai sebuah provokasi langsung.

Ketiga kapal induk AS tersebut yakni USS NImitz, USS Ronald Reagan dan USS Theodore Roosevelt.

Mereka akan melakukan latihan bersama angkatan laut Australia dan Korea Selatan untuk mensimulasikan pencegatan bahan nuklir yang dikirimkan untuk Korea Utara.

Sebelum ke Korea Selatan, Trump sudah lebih dulu berkunjung ke Jepang untuk bertemu dengan Perdana Menteri Shinzo Abe dan juga Kaisar Akihito.

Di Seoul, Trump akan bertemu dengan Presiden Moon Jae-in serta mengunjungi pangkalan militer AS di Korea Selatan.

Korea Selatan sebagai sekutu AS menjadi sejak kedua negara bersama-sama bertempur dalam Perang Korea awal 1950-an telah tempat bagi puluhan ribu tentara AS.

Dengan adanya kekuatan besar militer AS di Korea Selatan, menjadikan kedua negara kerap melakukan latihan militer bersama sejak berakhirnya perang di Semenanjung Korea pada 1953.

Baca juga: Trump Tiba dengan Selamat di Korea Selatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.