Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India dan Rusia Segera Gelar Latihan Militer Skala Besar

Kompas.com - 17/10/2017, 17:37 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - India dan Rusia, mulai Kamis (19/10/2017) hingga Minggu (29/10/2017) akan menggelar latihan militer berskala besar yang melibatkan tiga matra.

Kementerian Pertahanan India di New Delhi, seperti dilaporkan kantor berita Perancis, AFP, latihan tersebut melibatkan tiga matra, yakni angkatan darat, laut, dan udara bersama,

Latihan tersebut merupakan untuk pertama kalinya digelar bersama yang melibatkan semua matra dengan Rusia. Latihan militer bersama pada tahun 2003 hanya melibatkan angkatan lautnya.

Sedangkan kali ini, latihan militer itu untuk pertama kalinya yang menggabungkan semua angkatan militer dari kedua negara.

Latihan dilakukan menyusul ketegangan regional setelah New Delhi dan Tiongkok mengakhiri bentrokan militer selama berbulan-bulan di wilayah sengketa strategis di Himalaya pada Agustus.

Baca: Rusia-India Batalkan Latihan Perang

India terlibat sengketa teritorial dengan negara tetangganya di sebelah utara, yang juga meningkatkan kehadiran angkatan lautnya.

Menurut Kementerian Pertahanan India, latihan militer gabungan tersebut akan dimulai di distrik militer di Rusia timur.

"Tahun 2017 menandai tonggak sejarah besar karena latihan militer ditingkatkan untuk melibatkan semua tiga angkatan bersenjata (darat, laut, dan udara)," demikian kementerian.

Latihan perang itu "akan memberikan sebuah kesempatan kepada angkatan bersenjata kedua negara itu untuk melakukan latihan bersama dalam operasi antiterorisme dalam skenario multinasional melibatkan tiga angkatan."

India akan mengirimkan 350 personel dari angkatan darat, 80 dari angkatan udara, dan perangkat keras militer termasuk dua pesawat dan sebuah fregat. Rusia melibatkan 1.000 tentara.

Baca: Militer China dan Rusia Berlatih Pakai Peluru Tajam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com