Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia-India Batalkan Latihan Perang

Kompas.com - 31/05/2011, 14:19 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Rusia, beberapa bulan terakhir, membatalkan dua latihan perang penting bilateral dengan India, termasuk seri Indra dari angkatan laut dan latihan perang darat. Hal ini tampaknya karena penolakan India untuk membeli jet tempur baru Rusia, lapor media lokal, Selasa (31/5/2011).

Rusia akhir bulan lalu membatalkan latihan seri Indra dengan Angkatan Laut India, meski kapal perang India, termasuk kapal perusak INS Delhi, INS Ranvir dan INS Ranvijay, telah tiba di Vladivostok, sebuah kota pelabuhan timur Rusia di Samudera Pasifik, kata Indo-Asian News Service yang mengutip sumber-sumber pertahanan, Senin. Alasannya pembatalan adalah tidak tersedianya kapal perang Rusia karena kapal-kapal itu telah menyebar sebagai kapal bantuan untuk Jepang setelah bencana nuklir di Fukushima.

Namun apa yang terjadi mengejutkan India karena kapal-kapal perang Rusia kemudian berlayar keluar untuk melakukan latihan perang mereka sendiri, bukan berada dalam misis bantuan untuk Jepang. Kapal-kapal India kembali ke Visakhapatnam pekan lalu tanpa pengalaman berharga yang akan diperoleh seperti jika latihan terjadi. Personel Angkatan Laut India justru harus berjuang dengan simulasi di atas meja sebagai penutup malu selama mereka berada di Vladivostok, kata laporan itu.

Rusia juga membatalkan sebuah latihan militer di bawah seri Indra yang akan diadakan di Rusia pada bulan Juni. Moskwa telah menyampaikan kepada New Delhi pekan lalu bahwa Rusia tidak bisa menjadi tuan rumah bagi latihan itu, demikian menurut laporan tersebut.

Sejak tahun 2003, kedua negara telah melakukan lima latihan antar angkatan darat dan angkatan laut di bawah seri Indra.  Latihan angkatan darat bilateral terbaru diadakan di Uttarakhand di India utara pada Oktober lalu.

Langkah-langkah Rusia itu terjadi setelah India memilih dua jet tempur Eropa ketimbang jet rusia. Dalam prosesnya, tidak hanya Rusia tetapi juga Amerika Serikat dan Swedia yang tersingkir dari persaingan pembelian pesawat-pesawat tempur baru itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com