Kompas.com - 22/07/2019, 21:51 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menuai kritikan setelah membantah klaim Iran yang menangkap mata-mata Badan Intelijen Pusat (CIA).

Kritikan itu datang dari analis politik NBC News yang pernah bekerja sebagai anggota CIA pada periode 2006 hingga Februari 2017, Edward "Ned" Price.

Dalam kicauannya di Twitter, Trump menyebut laporan intelijen Iran bahwa mereka menangkap 17 warganya sendiri sebagai terduga mata-mata CIA tidak benar.

Baca juga: Trump: Klaim Iran Tangkap Agen Rahasia CIA Benar-benar Ngawur

"Laporan Iran sudah menangkap agen rahasia CIA benar-benar ngawur. Sama sekali tak ada kebenarannya," ujar presiden dari Partai Republik tersebut.

Presiden 73 tahun itu mengatakan bahwa Iran sekali lagi menebarkan kebohongan dan propaganda seperti klaim bahwa mereka sudah menjatuhkan drone pengintai AS.

"Rezim mereka sudah sangat jatuh dan tak tahu harus berbuat apa. Ekonomi mereka sudah mati dan begitu seterusnya. Iran adalah kehancuran total!" tegas dia.

Price kemudian membalas dari Twitter-nya bahwa terdapat alasan mengapa CIA tidak langsung melakukan respons atas klaim yang dibuat oleh intelijen Iran.

"Sebab, lain kali ketika tuduhan itu tidak segera mendapat tanggapan, maka tuduhan tersebut bakal dianggap benar," kritik Price dilansir AFP Senin (22/7/2019).

"Dan juga, mengapa memberikan musuh kita SEGALA informasi mengenai operasi CIA? Contoh lain dari kecepatan jari yang sudah mengalahkan keamanan nasional kita," kecamnya.

Sebelumnya dalam konferensi pers, pejabat intelijen Iran menyatakan bahwa mereka menangkap 17 warganya itu karena disebut memasok informasi rahasia bagi CIA.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.