Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vatikan dan Vietnam Akan Menjalin Hubungan Diplomatik Penuh

Kompas.com - 27/04/2024, 20:47 WIB
Paramita Amaranggana,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

VIETNAM dilaporkan telah siap untuk menjalin hubungan diplomatik penuh dengan Vatikan pada paruh kedua tahun ini, tepatnya saat Paus Fransiskus dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke Vietnam.

Pada awal April ini, Uskup Agung Paul Richard Gallagher, Sekretaris Vatikan untuk Hubungan dengan Negara-negara dan Organisasi Internasional baru saja menyelesaikan perjalanan selama enam hari ke Vietnam. Dalam perjalanan itu, Gallagher bertemu dengan perdana menteri dan menteri luar negeri Vietnam untuk menyampaikan rasa terima kasih Vatikan kepada Vietnam atas upaya yang telah dikerahkan untuk memperbaiki hubungan antara kedua negara, khususnya terkait keputusan Hanoi tahun lalu yang mengizinkan Vatikan mengirim utusan yang pertama ke Vietnam dalam beberapa dekade.

Sejarah Hubungan Vatikan dan Vietnam

Majalah lokal Vietnam, The Vietnamese Magazine, menulis bahwa Vietnam dan Vatikan sejak dahulu memang belum pernah menjalin hubungan diplomatik penuh, hanya sebatas kehadiran Delegasi Apostolik. Kehadiran Delegasi Apostolik di Vietnam pertama kali terjadi tahun 1925, saat Vietnam masih di bawah kolonialisme Prancis.

Di tahun tersebut, Vatikan menunjuk Uskup Agung Constantin Ayuti sebagai Delegasi Apostolik pertama untuk Vietnam serta mendirikan Delegasi Apostolik Indochina di Hue, ibu kota Vietnam saat itu.

Baca juga: Paus Fransiskus: Vatikan Terlibat Misi Perdamaian untuk Ukraina

Tahun 1945, ibu kota Vietnam berpindah ke Hanoi. Berdasarkan usulan John Dooley, Delegasi Apostolik saat itu, Delegasi Apostolik Indochina dipindahkan dari Hue ke Hanoi pada tahun 1950.

Kolonialisme Prancis di Vietnam berakhir tahun 1954 mengikuti Perjanjian Jenewa. Vietnam lalu terbagi menjadi dua negara: Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Banyak umat Katolik meninggalkan Vietnam Utara untuk tinggal di Vietnam Selatan sehingga mengakibatkan pesatnya perkembangan keuskupan di wilayah tersebut.

Meskipun menyaksikan banyak saudara seimannya pergi, John Dooley memutuskan untuk tetap berada di Delegasi Apostolik di Hanoi.

Di tahun 1959, pemerintah komunis di Vietnam Utara tiba-tiba memberlakukan tindakan tegas terhadap agama Katolik dan memerintahkan semua pendeta asing untuk meninggalkan negara itu.

Di tahun yang sama, John Dooley dipindahkan ke Phnom Penh, ibu kota Kamboja, oleh pemerintah Hanoi. Sebagai gantinya, posisi Delegasi Apostolik diemban sementara oleh Terence O’Driscoll sambil menunggu perintah dari Vatikan.

Namun pada 17 Agustus 1959, pemerintah komunis mengusir dan menguasai Delegasi Apostolik. Sejak saat itu, pemerintah komunis di Vietnam Utara secara resmi memutus hubungan diplomatik dengan Vietnam.

Di Vietnam Selatan, Vatikan menunjuk Uskup Giuseppe Caprio sebagai Pengunjung Apostolik untuk Republik Vietnam. Dalam setahun, Vatikan mengangkatnya menjadi Regen Apostolik di Saigon.

Saat Vietnam Utara mengusir Terence O’Driscoll, Vatikan mengangkat Regen Apostolik menjadi Delegasi Apostolik di Saigon. Pada 17 Juni 1964 Vatikan mengubah Delegasi Apostolik di Indochina menjadi Delegasi Apostolik di Vietnam.

Baca juga: Misteri Hilangnya Gadis Vatikan 40 Tahun Lalu Memasuki Babak Baru

Pada Agustus 1975, pemerintahan baru meminta Delegasi Apostolik meninggalkan Saigon.  Kehadiran Perwakilan Kepausan di wilayah Vietnam pun berakhir. 

Umat Katolik di Vietnam

Umat Katolik berjumlah sekitar enam persen dari total populasi Vietnam. Meski begitu, mereka mewakili sekitar setengah dari penduduk Vietnam yang mengaku beragama, menurut sebuah sensus tahun 2019.

Umat Katolik di Vietnam seringkali jadi korban diskriminasi. Vietnam seringkali dituduh melanggar hak-hak organisasi dan kelompok keagamaan, terutama umat minoritas di negara tersebut (Katolik, Budha, dan Protestan).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com