Assad kepada Kurdi Suriah: Amerika Tidak Akan Melindungi Kalian

Kompas.com - 18/02/2019, 12:53 WIB
Presiden Suriah Bashar al-AssadCNN News Presiden Suriah Bashar al-Assad

DAMASKUS, KOMPAS.com - Presiden Suriah Bashar al- Assad memperingatkan Kurdi bahwa sekutu mereka, Amerika Serikat (AS), tak bakal memberi perlindungan dari serangan Turki.

Assad mengatakannya setelah AS bersiap untuk menarik pasukan setelah Kurdi mengepung pertahanan terakhir Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Baca juga: Sebut Assad Penjahat Perang, Qatar Menolak Perbaiki Hubungan dengan Suriah

Isu penarikan yang dihembuskan Presiden Donald Trump pada Desember 2018 lalu dikhawatirkan Kurdi karena mereka berpotensi diserang Turki.

"Saya memberi tahu setiap kelompok yang bersekutu dengan Amerika. Mereka (AS) tidak akan melindungi kalian," kata Assad dikutip AFP Minggu (17/2/2019).

"Mereka (AS) tidak menempatkan kalian di jiwa. Mereka memasukkan kalian di kantong mereka sebagai bagian dari alat penawaran," lanjutnya.

Selain memerangi ISIS, Kurdi Suriah tidak berpartisipasi dalam perang saudara, dan menjalankan pemerintahan semi-otonomi di wilayah timur laut.

Peluang penatikan pasukan AS membuat perwakilan Kurdi dilaporkan mencoba menjangkau Damaskus. Namun pembicaraan yang terjalin gagal mencapai kompromi.

"Jika Anda tidak mempersiapkan diri mempertahankan negara, Anda akan berakhir sebagai budak Ottoman," beber Assad menggunakan nama historis Turki.

Presiden yang berkuasa sejak Juli 2000 itu menegaskan, yang bisa melindungi Kurdi hanyalah pasukan pemerintah. "Tidak ada yang lain," tegasnya.

Kurdi yang jadi tulang punggung aliansi Pasukan Demokratik Suriah (SDF) menggelar pertemuan untuk membahas relasi dengan Damaskus di masa depan.

SDF menekankan pemerintah Suriah untuk mengakui "status khusus" aliansi Arab-Kurdi, sekaligus pemerintahan semi-otonomi Kurdi.

SDF dalam keterangan tertulis juga menyatakan ingin menyelesaikan permasalahan dengan Turki melalui dialog sesuai dengan apa yang mereka yakini dan hormati.

Baca juga: Turki Ancam Serang Kurdi jika AS Tunda Pulangkan Pasukan dari Suriah



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya


Close Ads X