Kompas.com - 14/08/2018, 11:57 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyatakan bakal melakukan langkah hukum kepada pihak yang dianggap berkontribusi atas anjloknya kurs lira.

Pernyataan itu Erdogan sampaikan dalam pertemuan para duta besar Turki di Ankara, seperti dilaporkan Reuters Senin (13/8/2018).

Baca juga: Kurs Lira Belum Membaik, Erdogan Tuduh AS Menikam dari Belakang

Presiden dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Parti) itu menyebut ada "teroris ekonomi" yang sengaja menyebarkan berita palsu untuk mengacaukan ekonomi Turki.

Dia menyebut sudah beredar rumor bahwa otoritas mungkin memberlakukan capital control untuk merespon kejatuhan mata uang lira.

"Mereka adalah para pengkhianat di dunia maya. Kami bakal menangkapnya. Mereka yang menyebarkan kabar itu bakal menanggung akibatnya," ancam Erdogan.

Kementerian Dalam Negeri menyatakan, mereka sudah mengidentifikasi sekitar 346 akun media sosial yang menciptakan persepsi negatif soal ekonomi.

Dewan Investigasi Kejahatan Finansial Turki (MASAK) juga mengumumkan telah melaksanakan penyelidikan "fake news" yang mencoba memanipulasi ekonomi.

"MASAK mulai mencari para penyebar klaim bahwa pemerintah bakal mengonversi valuta asing dalam rekening ke lira," ujar Sekretaris Kementerian Keuangan Ali Berber dikutip The Guardian.

Nilai tukar lira terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melorot hingga 16 persen pada Jumat pekan lalu (10/8/2018).

Kemerosotan itu terjadi setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan bakal menggandakan bea masuk untuk produk baja dan aluminium Turki.

Sengketa antara AS dan Turki memanas setelah Ankara menahan seorang pendeta, Andrew Brunson, yang dituduh terlibat dalam upaya kudeta 2016.

Baca juga: Erdogan Sebut Anjloknya Kurs Lira adalah Skenario Politik Licik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.