Kompas.com - 21/08/2014, 08:01 WIB
EditorEgidius Patnistik
NEW YORK, KOMPAS.COM - Pembunuhan James Foley, yang diduga dilakukan milisi ISIS atau Negara Islam setelah penculikannya di Suriah pada tahun 2012, memusatkan perhatian berbagai pihak terhadap bahaya meliput pada suatu negara.

Suriah adalah tempat paling berbahaya di dunia bagi wartawan dalam lebih dua tahun ini, menurut Komite Perlindungan Wartawan (CPJ), kelompok kebebasan pers yang bermarkas di New York.

Paling tidak 69 wartawan tewas akibat langsung meliput konflik Suriah sejak konflik mulai terjadi tahun 2011, lapor CPJ. Sebagian besar menjadi korban tembak-menembak atau ledakan, lapor wartawan BBC Mark Doyle.

Paling tidak enam wartawan dipastikan secara sengaja dibunuh.

Pembunuhan ini memperlihatkan bukan hanya bukti luasnya kekerasan di Suriah, tetapi juga betapa bahayanya tempat itu bagi para penyiar dan wartawan.

Ini juga disebabkan sifat konflik itu sendiri dengan perubahan keberpihakan dan ideologi.

Suriah memang contoh sangat dramatis tentang bagaimana perang dan jurnalisme perang berubah dalam beberapa tahun terakhir pada berbagai tempat di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.