Kompas.com - 02/08/2013, 23:02 WIB
EditorErvan Hardoko
KABUL, KOMPAS.com — Sebanyak 22 anggota polisi Afganistan dan 76 pemberontak Taliban tewas dalam baku tembak setelah ratusan anggota Taliban menyerang sebuah konvoi polisi dan tentara Afganistan di wilayah timur negeri itu, Jumat (2/8/2013).

Baku tembak selama lima jam di distrik Sherzad, Provinsi Nargarhar, itu terjadi ketika konvoi pasukan itu baru saja kembali dari sebuah operasi penyelamatan seorang politisi yang diancam Taliban.

"Pertempuran itu sangat sengit. Pemberontak menggunakan senjata berat dan ringan untuk menyerang konvoi pasukan Afganistan," kata wakil kepala polisi Nangarhar Masoom Khan Hashemi.

"Kami kehilangan 22 orang anggota polisi, tetapi kelompok militan mendapatkan pelajaran dari kami. Serangan mereka bisa kami patahkan dan 60 anggota mereka kami bunuh," ujar Hashemi.

Sebanyak 16 anggota Taliban lain tewas dalam operasi penyelamatan politisi yang dilakukan sebelum baku tembak itu.

"Polisi dan militer sukses menggelar operasi penyelamatan dan menewaskan 16 Taliban. Dalam perjalanan pulang, mereka diserang," kata juru bicara pemerintah Nangarhar Ahmadia Abdulzai.

Sementara itu, Taliban membantah klaim Pemerintah Afganistan. Mereka menyatakan dalam pertempuran itu hanya lima pejuangnya yang tewas, sementara di pihak pemerintah 84 prajurit kehilangan nyawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.