Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Kirim Ultimatum kepada AS, Apa Isinya?

Kompas.com - 12/02/2020, 17:12 WIB
Miranti Kencana Wirawan,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

Sumber Arab News

KABUL, KOMPAS.com - Taliban mengirimkan ultimatum ke AS setelah sepekan terlibat perundingan terkait perdamaian demikian dilaporkan Arab News.

Mereka menginginkan jawaban dari apa yang mereka tawarkan, di mana mereka menyiratkan siap mengurangi aksi kekerasan di Afghanistan selama tujuh hari ke depan, sebagai ganti Washington angkat kaki.

Menanggapi hal ini, Presiden AS, Donald Trump meyakini bahwa akan ada nota kesepakatan dengan Taliban pada beberapa hari ke depan. Namun penarikan pasukan AS dari Afghanistan tidak akan terjadi.

Baca juga: Seorang Warga AS Diculik oleh Taliban di Afghanistan

Washington juga mengatakan bahwa perjanjian "pengurangan masa kekerasan" telah berlalu. Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani juga mengungkapkan soal itu lewat akun twitternya.

Dia mengatakan bahwa pihak AS, yaitu Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, menghubunginya dan menjelaskan tentang kemajuan penting pada perundingan dengan Taliban.

Dua anggota Taliban yang tidak berkenan disebut namanya ini melaporkan kepada media bahwa ultimatum kemudian disampaikan oleh pihak negosiator Pimpinan Taliban.

Tim negosiator yang dipimpin Mullah Abdul Ghani Baradar berjumpa dengan utusan Gedung Putih, Zalmay Khalilzad, dan Menteri Luar negeri Qatar, Mohammed bin Abdulrahman Al Thani.

Bukannya merespon ultimatum dengan cepat, pihak Washington justru fokus pada perundingan terkait permintaan-permintaan yang dilayangkan Taliban.

Salah satu permintaan tersebut adalah mempertahankan kantor politik di Doha, ibu kota Qatar di mana Khalilzad sering bertemu dengan perwakilan mereka dan mencari resolusi untuk mengakhiri kampanye militer AS selama 18 tahun.

Taliban juga menuntut dalam negosiasi bahwa perwakilan pemerintah Presiden Ghani tidak boleh hadir dalam kapasitas resmi, melainkan hanya seorang warga negara Afghanistan biasa.

Taliban tidak pernah mengakui pemerintah resmi di Kabul, dan menolak untuk bernegosiasi langsung dengan Ghani.

Taliban yang sejak 1996 sampai 2001 memimpin Afghanistan, menyatakan mereka tidak mencari monopoli kekuasaan.

Meski begitu, kelompok militan tersebut kini mengendalikan atau menguasai sebagian dari negara tersebut.

Baca juga: Ditahan Taliban 3 Tahun, Timothy Weeks Tak Pernah Berhenti Berharap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Arab News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com