Kompas.com - 29/02/2020, 20:25 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Sabtu (29/2/2020) Amerika Serikat (AS) telah menyetujui untuk menarik semua pasukannya dari Afghanistan dalam 14 bulan.

Pernyataan tersebut terangkum dalam perjanjian yang sudah disepakati antara AS dengan kelompok pemberontak Taliban.

Dilansir dari kantor berita AFP, sebelum kesepakatan ini terjalin, Taliban telah memerintahkan adanya gencatan senjata di Afghanistan.

Selama periode gencatan jelang perjanjian yang berlangsung sejak pekan lalu, dilaporkan hanya serangan terisolasi yang terjadi.

Perjanjian ini akan membuat ribuan tentara AS keluar dari Afghanistan setelah lebih dari 18 tahun.

AS menyetujui syarat yang diajukan, sebagai ganti dari komitme keamanan dari Taliban, termasuk ke depannya menggelar pembicaraan dengan pemerintah Afghanistan.

Baca juga: Kesepakatan AS-Taliban, Trump: Kesempatan Rakyat Afghanistan Berdamai

"Karena kesepakatan itu ditandatangani hari ini, dan rakyat kami senang dan merayakannya, kami telah menghentikan semua operasi militer kami di seluruh negeri," kata juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, kepada AFP.

Perintah ini menandai gencatan senjata kedua selama perang Afghanistan. Gencatan senjata pertama terjadi di tahun 2018 selama tiga hari di tengah perayaan Idul Fitri.

Penasihat Keamanan Nasional Afghanistan, Hamdullah Mohib, mengatakan dia sangat optimis tentang kesepakatan gencatan senjata parsial satu minggu ini, yang dijuluki periode "pengurangan kekerasan".

"Kami telah mencapai tahap yang memberi kami harapan," kata Mohib.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.