Kompas.com - 17/10/2019, 19:04 WIB

QAMISHLI, KOMPAS.com - Sudah lebih dari satu pekan sejak Turki mengumumkan serangan militer terhadap Kurdi di kawasan utara Suriah.

Serangan bernama Operation Peace Spring itu memberikan dampak besar dengan puluhan tewas, dan ribuan orang harus mengungsi.

Dilansir dari AFP Kamis (17/10/2019), berikut merupakan sejumlah fakta serangan Turki terhadap Kurdi di utara Suriah dalam angka:

Baca juga: AS Ancam Bakal Jatuhkan Sanksi Tambahan jika Turki Tak Hentikan Serangan ke Kurdi Suriah

3.000.000 - Jumlah populasi di kawasan timur laut Suriah. Kebanyakan dari mereka berada dalam kendali pemerintahan semi-otonomi Kurdi.

9 - Hari sejak Ankara menggelar serangan terhadap Kurdi. Dimulai ketika Presiden AS Donald Trump mengumumkan penarikan 1.000 tentara dari utara Suriah.

72 - Jumlah milisi Kurdi yang terbunuh sejak konflik dimulai, menurut data dari organisasi pemantau perang Obsevatorium untuk HAM Suriah (SOHR). Sebanyak 20 warga sipil juga tewas di kota perbatasan Turki.

300.000 - Warga sipil yang diungsikan sejak serangan 9 Oktober menurut SOHR, disebut sebagai salah satu pergolakan terbesar sejak perang saudara 2011 silam.

83.000 - Jumlah pengungsi yang baru mendapat makanan dari PBB. Adapun yang telah menerima selimut berjumlah 52.000 pengungsi.

40 - Jumlah sekolah yang dialihfungsikan sebagai tempat penampungan bagi pengungsi (SOHR).

Baca juga: AS Janjikan Bakal Terus Dukung Kurdi di Suriah dalam Perang Melawan ISIS

1.800.000 - Jumlah masyarakat sipil di timur laut Suriah yang membutuhkan bantuan bahkan sebelum Turki melancarkan serangan (PBB).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.