Kompas.com - 17/10/2019, 12:34 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - AS mengancam bakal menjatuhkan sanksi tambahan jika Turki tak menghentikan serangan terhadap Kurdi Suriah.

Sejauh ini, Ankara masih mengabaikan tekanan komunitas internasional untuk menahan gempuran labih lanjut di kawasan utara Suriah.

Baca juga: AS Janjikan Bakal Terus Dukung Kurdi di Suriah dalam Perang Melawan ISIS

Menghadapi kritikan karena dianggap memberikan jalan bagi Turki menyerang Kurdi, Presiden Donald Trump mengancam bakal menghancurkan ekonomi Turki.

Ancaman itu dia buktikan dengan keputusan menjatuhkan sanksi terhadap tiga menteri Turki, dan menaikkan tarif baja negara itu.

"Sanksi tambahan tengah dipersiapkan jika mereka tidak segera melakukan gencatan senjata," ujar Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin.

Dilansir AFP Rabu (16/10/2019), dia menambahkan Washington bisa mengincar kementerian atau sektor industri yang dipunyai Turki.

"Harapan saya adalah sanksi bakal memberikan dampak (bagi Turki). Kami mempunyai otorisasi hingga luar negeri," terang Mnuchin.

Wakil Presiden AS Mike Pence dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo bakal terbang ke Ankara guna membujuk Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk menghentikan agresi.

Namun, Erdogan sebelumnya sempat menegaskan dia tidak akan menyudahi Operation Peace Spring atas Kurdi hingga "kemenangan sempurna tercapai".

Selain itu, dia mengklaim Turki sama sekali "tidak khawatir" mendapat sanksi dari AS, kepada awak media di tengah perjalanan pulang dari Azerbaijan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.