Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disanksi AS karena Serangan ke Kurdi, Erdogan Tak Khawatir

Kompas.com - 16/10/2019, 08:23 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

BAKU, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan, dia tidak khawatir dengan sanksi AS atas serangan militer ke Kurdi di Suriah.

Dia juga menyatakan masuknya pasukan Suriah di Manbij bukanlah "perkembangan negatif" selama kawasan itu dibersihkan dari Kurdi.

Baca juga: Erdogan: Tak Akan Ada Anggota ISIS yang Bakal Keluar dari Suriah

"Mereka meminta kami untuk gencatan senjata. Kami tak bisa melakukannya," ucap Erdogan kepada jurnalis Turki saat kembali dari Azerbaijan.

Wakil Presiden AS Mike Pence dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo bakal bertolak ke Ankara pada Rabu (16/10/2019) untuk mendesak Erdogan.

Kantor Wapres AS kemudian merilis komentar Pence yang menyatakan, dia bakal menyuarakan gencatan senjata dan memulai kondisi untuk negosiasi.

"Tidak mungkin bagi kami melakukan gencatan senjata hingga teroris dibersihkan dari perbatasan," terang Erdogan merujuk pada Kurdi.

Dilansir Hurriyet via AFP Selasa (15/10/2019), Pence bakal bertemu Erdogan untuk memberitahukan kebijakan terbaru Presiden Donald Trump.

Dalam pernyataannya yang dirilis Gedung Putih, Trump menjatuhkan sanksi dan menaikkan tarif baja Turki hingga sebuah resolusi di Suriah tercapai.

"Mereka menekan kami untuk menghentikan kami. Tentu kami sudah punya target yang jelas. Jadi (sanksi) tak akan mengganggu kami," tegasnya.

Mantan Perdana Menteri Turki itu juga mengatakan dirinya tidak risau dengan tentara pemerintah Suriah untuk mengambil alih Manbij.

"Mengapa? Karena itu tanah mereka sendiri," kata Erdogan seraya menambahkan, saat ini fokusnya adalah menggempur milisi Kurdi.

Turki yang merupakan penentang vokal Presiden Bashar al-Assad, mendukung kelompok pemberontak Suriah yang hendak menjatuhkannya.

Dalam percakapannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Erdogan menekankan operasi Turki bakal berkontribusi terhadap integritas wilayah Suriah.

Baca juga: Erdogan Tak Akan Hentikan Serangan terhadap Kurdi hingga Kemenangan Sempurna Tercapai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com