Salin Artikel

Dampak Serangan Turki terhadap Kurdi Suriah dalam Angka

Serangan bernama Operation Peace Spring itu memberikan dampak besar dengan puluhan tewas, dan ribuan orang harus mengungsi.

Dilansir dari AFP Kamis (17/10/2019), berikut merupakan sejumlah fakta serangan Turki terhadap Kurdi di utara Suriah dalam angka:

3.000.000 - Jumlah populasi di kawasan timur laut Suriah. Kebanyakan dari mereka berada dalam kendali pemerintahan semi-otonomi Kurdi.

9 - Hari sejak Ankara menggelar serangan terhadap Kurdi. Dimulai ketika Presiden AS Donald Trump mengumumkan penarikan 1.000 tentara dari utara Suriah.

72 - Jumlah milisi Kurdi yang terbunuh sejak konflik dimulai, menurut data dari organisasi pemantau perang Obsevatorium untuk HAM Suriah (SOHR). Sebanyak 20 warga sipil juga tewas di kota perbatasan Turki.

300.000 - Warga sipil yang diungsikan sejak serangan 9 Oktober menurut SOHR, disebut sebagai salah satu pergolakan terbesar sejak perang saudara 2011 silam.

83.000 - Jumlah pengungsi yang baru mendapat makanan dari PBB. Adapun yang telah menerima selimut berjumlah 52.000 pengungsi.

40 - Jumlah sekolah yang dialihfungsikan sebagai tempat penampungan bagi pengungsi (SOHR).

1.800.000 - Jumlah masyarakat sipil di timur laut Suriah yang membutuhkan bantuan bahkan sebelum Turki melancarkan serangan (PBB).

1.000 - Warga sipil Suriah yang memutuskan untuk menyeberang menuju region Kurdi yang ada di Irak (PBB).

400.000 - Warga yang berada di dalam atau sekitar kota Kurdi Hasakeh, yang tengah mengalami kekurangan air secara kritis (PBB).

68.000 - Orang yang ditahan di kamp Al-Hol milik Kurdi. Sebagian besar berisi keluarga anggota ISIS, termasuk warga Eropa (PBB). Nasib kamp itu menjaid perhatian dunia.

32 - Organisasi nirlaba (NGO) yang meninggalkan daerah Kurdi di timur laut Suriah karena eskalasi ketegangan, menurut pejabat lokal.

90 - Jumlah dalam persen produksi sereal Suriah di kawasan timur laut. Momen tanam musim dingin terancam terganggu karena serangan (PBB).

3.600.000 - Pengungsi Suriah yang ditampung Turki. Presiden Recep Tayyip Erdogan ingin membantuk "zona aman" guna memulangkan pengungsi.

https://internasional.kompas.com/read/2019/10/17/19040121/dampak-serangan-turki-terhadap-kurdi-suriah-dalam-angka

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke