Kompas.com - 15/10/2019, 11:55 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump menyatakan, dia tidak masalah pihak mana pun membantu Kurdi Suriah dari Turki. Termasuk Napoleon Bonaparte.

Dalam kicauannya di Twitter, dia berujar telah menginstruksikan supaya pasukan ditarik dari Suriah setelah mengalahkan ISIS.

"Biarkan Suriah dan Assad (Bashar al-Assad, Presiden Suriah) melindungi Kurdi dan melawan Turki demi tanah mereka sendiri," kata Trump.

Baca juga: Minta Erdogan Hentikan Serangan ke Kurdi Suriah, AS Jatuhkan Sanksi atas 3 Menteri Turki

Dia menuturkan kepada jenderalnya bahwa dia tidak mempermasalahkan jika ada pihak mana pun yang bersedia melindungi Kurdi Suriah.

"Apakah itu Rusia, China, maupun Napoleon Bonaparte. Saya harap mereka melakukannya dengan baik. Kami 11.265 km jauhnya!" serunya.

Napoleon Bonaparte merupakan pemimpin militer yang pengaruhnya menanjak sejak Revolusi Perancis, dan berkuasa sebagai kaisar 1804-1815.

Dia dianggap sebagai salah satu komandan terhebat di muka Bumi dengan perang maupun taktiknya banyak dipelajari di seluruh dunia.

Pernyataan Trump senada dengan Pentagon yang mengungkapkan prosedur penarikan personel dari utara Suriah sudah mulai dilaksanakan.

Dilansir AFP Senin (14/10/2019), mereka hanya menyisakan sekitar 150 dari 1.000 tentara untuk menghuni pangkalan Al Tanf di selatan.

"Kami sudah mengeksekusi prosedur ini," ujar salah seorang pejabat Pentagon yang enggan disebutkan namanya menyikapi perintah Trump.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.