Kompas.com - 14/10/2019, 22:59 WIB

LUKSEMBURG, KOMPAS.com - Operasi militer Turki ke Suriah menjadi topik utama pembahasan dalam pertemuan menteri luar negeri Uni Eropa di Luksemburg, Senin (14/10/2019).

Para menteri luar negeri Uni Eropa mengecam intervensi militer Ankara ke negara konflik itu. Namun demikian mereka tetap tidak menyetujui pemberlakuan embargo senjata terhadap Turki.

"Uni Eropa mengutuk aksi militer Turki, yang secara serius merusak stabilitas dan keamanan seluruh wilayah."

"Yang mengakibatkan lebih banyak warga sipil menderita dan pengungsian lebih besar, serta sangat menghalangi akses ke bantuan kemanusiaan," kata para menteri luar negeri Uni Eropa dalam sebuah pernyataan bersama.

Baca juga: Erdogan: Embargo Senjata Tak Akan Mampu Hentikan Operasi Militer Turki ke Suriah

"Uni Eropa mengingatkan keputusan yang telah diambil oleh beberapa negara anggota untuk segera menghentikan lisensi ekspor senjata ke Turki," demikian ditambahkan dalam pernyataan itu.

Selanjutnya wakil-wakil anggota Uni Eropa akan menggelar pertemuan lanjutan pada akhir minggu ini untuk "mengkoordinasi dan meninjau" posisi Uni Eropa dalam masalah Suriah.

Uni Eropa juga menyerukan kepada Koalisi Internasional Melawan ISIS untuk membahas bagaimana mencapai target dalam konteks saat ini.

Kehancuran Kemanusiaan Serius

Militer Turki mulai melancarkan serangan terhadap posisi milisi Kurdi di timur laut Suriah pada Rabu (9/10/2019) pekan lalu, setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan penarikan pasukan AS dari Suriah.

Para kritikus sebelumnya memperingatkan bahwa langkah itu akan mengganggu stabilitas yang rapuh kawasan itu, merugikan dan menggusur ribuan warga sipil, serta membuka jalan bagi ISIS untuk kembali membangun kekuatan.

"Serangan ini akan menyebabkan kehancuran kemanusiaan yang serius," kata Menteri Luar Negeri Perancis Jean-Yves Le Drian.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.