Kompas.com - 13/10/2019, 10:38 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Pemerintah Perancis dan Jerman, pada Sabtu (12/10/2019), mengumumkan menangguhkan ekspor senjata ke Turki.

Langkah tersebut diambil sebagai tanggapan atas operasi serangan yang dilancarkan Ankara terhadap para pejuang Kurdi di Suriah, yang telah menuai kecaman dari sejumlah negara di Eropa.

Dalam pernyataan bersama dari kementerian pertahanan dan kementerian luar negeri, Perancis mengatakan telah menangguhkan seluruh rencana ekspor mereka ke Turki yang berpotensi digunakan sebagai "bahan perang" mereka ke Suriah.

Pernyataan dari Paris itu muncul hanya beberapa jam setelah Jerman, sebagai salah satu pemasok utama senjata Turki, juga mengatakan akan menangguhkan ekspor.

Baca juga: Mendapat Ancaman Sanksi AS, Erdogan Tak Akan Hentikan Serangan ke Kurdi Suriah

"Jerman tidak akan mengeluarkan izin baru untuk peralatan militer apa pun yang dapat digunakan oleh Turki di Suriah," kata Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas, seperti dikutip dalam surat kabar Bild.

Tentara Turki telah melancarkan serangan lintas perbatasan terhadap pejuang Kurdi yang dianggap Ankara sebagai teroris, sebuah upaya yang menentang kritik dan ancaman saksi internasional.

Sejumlah negara mengecam serangan yang dilancarkan Turki ke Suriah, dengan Finlandia, Norwegia, dan Belanda telah mengumumkan bahwa mereka menghentikan ekspor senjata ke negara itu.

Dalam pertemuan di Luxembourg, Senin (7/10/2019), Komite Urusan Luar Negeri Uni Eropa memutuskan pendekatan Eropa yang terkoordinasi terkait itu ini.

Baca juga: Buntut Serangan Turki, 5 Tahanan ISIS Melarikan Diri dari Penjara Kurdi Suriah

Laporan tersebut mencatat "kecaman keras Perancis atas serangan unilateral yang dilakukan oleh Turki di timur laut Suriah".

Pernyataan Perancis dan Jerman pada Sabtu kemarin juga memperingatkan bahwa serangan Turki ke Suriah memiliki konsekuensi kemanusiaan yang serius.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.