Kompas.com - 09/04/2019, 19:09 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Presiden Sudan Selatan Salva Kiir dan pemimpin pemberontak sekaligus mantan wakil presiden Riek Machar akan menghadiri retret di Vatikan yang digelar pada 10-11 April 2019.

Vatikan mengeluarkan pernyataan pada Selasa (9/4/2019), kedua rival tersebut akan menghadiri kesempatan untuk pertemuan dan rekonsiliasi.

"Pertemuan keduanya memiliki misi dan tanggung jawab untuk bekerja demi masa depan perdamaian dan kemakmuran bagi rakyat Sudan Selatan," demikian pernyataan dari Vatikan.

Seperti diketahui, Sudan Selatan lahir dalam semangat optimisme pada 2011 setelah merdeka dari Sudan.

Baca juga: Gadis 16 Tahun di Sudan Selatan Dilelang di Facebook

Namun persaingan antara Kiir dan Machar menimbulkan perang saudara pada 2013 yang ditandai dengan kekerasan brutal, pemerkosaan dan peringatan PBB tentang pembersihan etnis.

Lebih dari 380.000 orang telah meninggal dan empat juta orang telah meninggalkan rumah mereka.

Pada 2015, kesepakatan perdamaian membawa Machar kembali sebagai wakil presiden, tetapi kemudian menjadi berantakan pada tahun berikutnya. Machar pun akhirnya melarikan diri dari negara itu.

Namun, dia berencana untuk kembali bulan depan di bawah perjanjian perdamaian yang ditandatangani di Addis Ababa pada September tahun lalu.

Meski demikian, proses itu telah dibayangi oleh kekhawatiran akan rasa tidak aman dan kurangnya persiapan.

Paus Fransiskus berulang kali menyuarakan keprihatinannya terhadap Sudan Selatan. Dia memberikan audiensi kepada Kiir bulan lalu.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP,Xinhuanet
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.