Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawat, Orangtua, dan Saudaranya Meninggal di Wuhan akibat Virus Corona

Kompas.com - 19/02/2020, 12:19 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WUHAN, KOMPAS.com - Seorang perawat, orangtua, dan dan saudaranya dilaporkan menjadi korban meninggal virus corona di Wuhan, demikian laporan media pemerintah.

Liu Fan adalah wakil kepala perawat di Rumah Sakit Wuchang, di mana dia bertugas di bagian ruang injeksi hingga 2 Februari lalu.

Pada 7 Februari, dia positif terinfeksi virus corona setelh sebelumnya mengeluh tak enak badan mengalami demam, ujar pemerintah Wuhan dalam unggahan di Toutiao.

Baca juga: Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess yang Negatif Virus Corona Keluar

Dilansir Global Times Rabu (19/2/2020), dia segera dilarikan ke rumah sakit pada hari itu juga, di mana kondisinya memburuk karena penyakit lain seperti pneumonia.

Pemerintah menyatakan, perawat berusia 59 tahun itu meninggal pada 14 Februari, setelah tim medis mencoba berbagai cara untuk menyelamatkannya.

Sebelum kematian Liu, orangtua dan saudaranya lebih dahulu meninggal karena tertular virus yang berasal dari Pasar Seafood Huanan itu.

Sementara suami dan putrinya disebut tengah menjalani karantina. Namun hingga saat ini, mereka masih belum menunjukkan gejala infeksi.

Kematian Liu Fan terjadi setelah Liu Zhimming, direktur rumah sakit lebih dahulu dinyatakan meninggal karena terinfeksi virus dengan nama resmi Covid-19 itu.

Dia dilaporkan meninggal pada Selasa pagi waktu setempat (18/2/2020), setelah otoritas sempat menyebutkan dia masih menjalani perawatan medis.

Jumlah korban meninggal akibat virus corona di seantero China per 19 Februari saat ini sudah melebihi 2.000 orang, dan menginfeksi lebih dari 75.000 lainnya.

Beijing menyebut bahwa terjadi penurunan baik dalam jumlah kematian maupun infeksi, dan menyebut bahwa mereka sudah mulai bisa menanganinya.

Namun, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menuturkan sebaiknya jangan sampai lengah, mengingat mereka tak bisa memprediksi kapan tren penurunan ini berlanjut.

Baca juga: Update Terbaru Virus Corona: 2.009 Meninggal, 14.448 Dilaporkan Sembuh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com