Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu India dan Pakistan Dijadwalkan Bertemu di Sela Sidang Umum PBB

Kompas.com - 20/09/2018, 22:56 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri India dijadwalkan untuk bertemu dengan rivalnya dari Pakistan di sela-sela Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang berlangsung di New York, AS.

Pertemuan antara dua diplomat puncak tersebut sangat jarang terjadi, di tengah perseteruan kedua pihak di Kashmir, wilayah di Himalaya.

Pengumuman pertemuan itu muncul setelah Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, menulis surat kepada PM India Narendra Modi dan menyerukan dimulainya kembali pembicaraan antara negara berkekuatan nuklir itu.

Pertemuan antara pejabat tinggi kedua negara, dilaporkan media India, adalah yang pertama sejak tiga tahun terakhir.

Baca juga: India Kembali Terlibat Baku Tembak dengan Pakistan di Kashmir

Kedua negara kerap terlibat konflik di Kashmir, dengan India menuduh Pakistan telah mempersenjatai kelompok pemberontak di wilayah perbatasan itu yang diakui sepenuhnya oleh kedua negara.

India juga menuding Pakistan sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan kelompok militan yang mematikan di Mumbai pada 2008.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri India mengatakan pertemuan di New York antara Menlu India Sushma Swaraj dengan Menlu Pakistan Shah Mehmood Qureshi tidak mewakili perubahan hubungan antara New Delhi dengan Islamabad.

"Hal ini tidak berarti ada perubahan dalam kebijakan kami terhadap aksi terorisme lintas-perbatasan," kata juru bicara, Raveesh Kumar pada wartawan di New Delhi, Kamis (20/9/2018).

Sebelumnya, konflik dalam hubungan kedua negara kembali terjadi pekan ini dengan seorang penjaga perbatasan India di Kashmir dilaporkan telah dibunuh dan jenazahnya dimutilasi.

New Delhi menuduh pasukan Pakistan sebagai pihak yang bertanggung jawab.

Baca juga: India Umumkan Gencatan Senjata di Kashmir Selama Ramadhan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com