Kompas.com - 22/05/2018, 22:28 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Sebanyak 26 orang pasukan Suriah dan sekutunya dilaporkan tewas pasca-serangan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Organisasi Observasi HAM Suriah menjelaskan, ISIS melakukan serangan mendadak dengan menyasar markas pasukan pemerintah di Badiya.

"Serangan yang menewaskan 26 orang itu terjadi saat Subuh," demikian keterangan Observasi dilansir AFP Selasa (22/5/2018).

Baca juga: Bebas dari ISIS, Warga Suriah di Raqa Nikmati Ramadhan dengan Tenang

Organisasi yang berbasis di Inggris itu melanjutkan, di antara 26 orang yang tewas tersebut, terdapat milisi asal Iran.

Badiya merupakan kawasan gurun yang terletak dari tengah Suriah hingga daerah timur yang menjadi daerah perbatasan dengan Irak.

Ketua Observasi Rami Abdel Rahman menyatakan, serangan itu diawali dengan bom mobil yang menghantam markas pasukan pemerintah di Palmyra.

"Ledakan itu langsung memicu bentrokan. Selain 26 korban tewas, kami mendapatkan data lima anggota ISIS terbunuh," kata Rahman.

Serangan ini terjadi setelah pemerintahan Presiden Bashar al-Assad mendeklarasikan telah menguasai seluruh ibu kota Damaskus.

Kepastian itu didapat setelah pada Minggu (20/5/2018) dan Senin (21/5/2018), 1.600 orang diangkut menggunakan 32 bus keluar dari selatan Damaskus.

Para anggota ISIS dan keluarganya tersebut dilaporkan menuju Badiya, kantong pertahanan yang masih dimiliki ISIS.

Baca juga: Militer Suriah Umumkan Kuasai Damaskus Sepenuhnya dari ISIS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.