Kompas.com - 19/03/2018, 17:31 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Hasil pemilihan umum di Rusia Minggu (18/3/2018) telah diumumkan. Vladimir Putin kembali terpilih sebagai presiden untuk periode keempat.

Seperti diberitakan oleh media-media internasional, dunia terbelah dalam menyikapi hasil kemenangan mantan agen KGB (dinas rahasia Uni Soviet) itu.

Ada yang memberi selamat. Namun ada juga yang mengkritisi tuduhan Rusia telah meracuni mantan agen ganda bernama Sergei Skripal.

Baca juga : Pemilu Rusia 2018: Menang Besar, Putin Jadi Presiden Lagi

Berikut adalah beberapa pernyataan para pejabat pemerintahan dunia setelah Putin memastikan kemenangan di pemilihan umum Rusia:

Presiden China, Xi Jinping, bertepuk tangan dalam pembukaan Kongres Rakyat China di Beijing Senin (5/3/2018).EPA via BBC Indonesia Presiden China, Xi Jinping, bertepuk tangan dalam pembukaan Kongres Rakyat China di Beijing Senin (5/3/2018).
1. Xi Jinping, Presiden China
Xi menyampaikan, selama ini hubungan kerja sama strategis antara China dan Rusia berada dalam tingkat tertinggi.

"China berkeinginan untuk bekerja sama dengan Rusia, dan meningkatkan hubungan kedua negara ke level yang lebih tinggi," ujar Xi dilansir Xinhua via AFP.

Baca juga : Penghitungan Suara Hampir Selesai, Putin Raup 76,6 Persen Suara

Nicolas MaduroAFP Photo / Leo Ramirez Nicolas Maduro
2. Nicolas Maduro, Presiden Venezuela
Maduro menyampaikan, hubungan Rusia dan Venezuela sudah sangat erat semenjak mendiang Presiden Hugo Chavez berkuasa.

Maduro berujar, Venezuela bakal meningkatkan hubungan bilateral, terutama di bidang kebijakan internasional demi terciptanya perdamaian dunia.

"Atas nama rakyat Venezuela, saya Nicolas Maduro menyampaikan selamat atas terpilihnya Vladimir Putin sebagai Presiden Rusia untuk periode 2018-2024," tutur Maduro dilansir TASS.

Baca juga : Vladimir Putin: Dari Perwira Rendahan hingga Penguasa Rusia

Presiden Kuba Raul CastroVIA nydailynews.com Presiden Kuba Raul Castro
3. Raul Castro, Presiden Cuba
Ucapan selamat Castro disampaikan oleh Duta Besar Kuba untuk Rusia, Gerardo Penalver Portal melalui kicauannya di Twitter.

Halaman:
Sumber BBC,AFP,TASS


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.