Kompas.com - 19/03/2018, 07:57 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut kemenangannya dalam pemilihan presiden 2018 yang digelar pada Minggu (18/3/2018).

Di depan para pendukungnya yang merayakan kemenangan di Moskwa, dia mengatakan, hasil tersebut merupakan ungkapan kepercayaan dan harapan rakyat sambil menyerukan persatuan nasional.

Sejak awal Putin diperkirakan tidak akan menghadapi perlawanan ketat dalam upaya menduduki jabatan presiden untuk periode yang keempat dalam enam tahun mendatang.

Dengan lebih dari setengah suara sudah dihitung, Putin telah meraih sekitar 75 persen suara.

Baca juga: Pemilu Rusia, Putin Diunggulkan Bakal Menang Kembali

Perolehan suaranya dalam pemilihan presiden tersebut meningkat dibandingkan dengan pada 2012 ketika dia menang dengan perolehan 64 persen suara.

Namun, perkiraan awal atas partisipasi pemilih mencapai 63,7 persen atau lebih rendah dari harapan pemerintah.

Bersaing dengan tujuh calon lainnya, Putin tidak mendapat perlawanan serius untuk menduduki kembali kursi presiden selama enam tahun mendatang.

Putin memerlukan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi untuk memperkuat legitimasinya sebagai pemimpin, di tengah ancaman semakin terisolasinya Rusia akibat sanksi baru Amerika Serikat dan tuduhan upaya pembunuhan mantan agen Rusia di Inggris.

Baca juga: Menlu Inggris: Putin Perintahkan untuk Racuni Mantan Agen Ganda Rusia

Saat memberikan pidatonya, Putin mengatakan, hasil pemilu yang memberinya hak untuk melaksanakan tugas sebagai presiden lagi merupakan sebuah kesuksesan.

"Saya yakin program yang saya tawarkan adalah yang benar," ujar pria yang sudah menjadi pemimpin Rusia terlama sejak era Stalin.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.