Kompas.com - 18/03/2018, 12:17 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Petahana Rusia, Vladimir Putin, semakin dekat untuk meraih periode keempatnya sebagai orang nomor satu di Negeri "Beruang Merah".

Keyakinan tersebut tercermin dari jajak pendapat pemilu Rusia yang dilakukan sejak 8 Februari lalu, di mana semua kandidat resmi diperkenalkan.

Dalam polling untuk menentukan siapa kandidat yang paling diinginkan menjadi presiden menurut situs FOM, Putin berada di peringkat pertama dengan meraup 72,6 persen.

Kemudian menyusul di belakangnya adalah kandidat dari Partai Komunis, Pavel Grudinin, dengan 12 persen.

Baca juga : Warga Rusia di Ukraina Tak Bisa Beri Suara dalam Pemilu Presiden

Adapun untuk jajak pendapat dari berbagai lembaga survei Rusia, petahana berusia 65 tahun itu rata-rata meraup lebih dari 65 persen.

Diberitakan CNN Minggu (18/3/2018), langkah Putin berkuasa hingga 2024 bakal tak terbendung setelah rival terkuatnya, Alexei Navalny, dilarang berkiprah di politik.

Putin dianggap sebagai pemimpin kuat yang berhasil membawa Rusia kembali stabil pasca-kehancuran Uni Soviet.

Apalagi, saat ini Rusia tengah mendapat eskalasi hubungan dengan Inggris, setelah London menuduh mereka sebagai pelaku yang meracuni mantan agen ganda bernama Sergei Skripal.

Selain itu, relasi dengan Amerika Serikat (AS) juga tidak bagus menyusul daftar sanksi terbaru yang dirilis buntut dugaan intervensi mereka di Pilpres AS 2016.

Meski begitu, CNN melaporkan Kremlin menyoroti bisa saja terjadi perubahan selama masa pemilihan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.