Kompas.com - 10/11/2017, 13:53 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

DA NANG, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) menghentikan segala spekulasi tentang terjadinya pertemuan bilateral antara Donald Trump dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Keduanya dijadwalkan untuk hadir dalam pertemuan tingkat tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Da Nang, Vietnam, mulai Jumat (10/11/2017) sampai Sabtu (11/11/2017).

Juru Bicara Kepresidenan Rusia, Yury Ushakov menyatakan Kamis (9/11/2017), Trump dan Putin akan bertatap muka dalam agenda terpisah.

Ushakov berkata sederet isu bakal dibahas oleh dua pemimpin adikuasa tersebut. Paling utama membahas tentang isu tentang penanganan nuklir Korea Utara (Korut).

Terakhir kali Putin dan Trump bertemu adalah saat pertemuan G20 di Jerman Juli lalu.

Baca juga : Putin Jadwalkan Pertemuan dengan Trump Secara Bilateral di APEC

Gedung Putih, melalui Menteri Pers Sarah Sanders menyatakan tidak akan ada pertemuan saat berlangsung APEC.

"Jadwal mereka sudah sangat padat sehingga tidak memungkinkan untuk itu (rencana pertemuan)," kata Sanders seperti dikutip kantor berita AFP.

Pernyataan Sanders memperkuat ucapan Menteri Luar Negeri Rex Tillerson kemarin bahwa pertemuan antara AS dan Rusia haruslah sesuatu yang sangat darurat dan penting.

Hubungan Washington dan Kremlin sedang menghangat setelah banyak pihak menuduh pemerintahan Putin mendukung Trump saat pemilu presiden November tahun lalu.

Rusia langsung membantah bahwa mereka mengintervensi pemilu sehingga memenangkan taipan 71 tahun itu.

Baca juga : Istri Pelaku Percobaan Pembunuhan Vladimir Putin Tewas Tertembak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.