Kompas.com - 11/12/2016, 10:27 WIB
EditorPascal S Bin Saju

DAMASKUS, KOMPAS.com – Tatkala pasukan Suriah mengerahkan penuh kekuatannya untuk merebut Aleppo timur dari oposisi, para militan ISIS kembali ke Palmyra, kota bersejarah di Suriah.

Organisasi Pemantau HAM Suriah (SOHR), pada Sabtu (10/12/2016), melaporkan, pasukan Suriah telah mencapai kemajuan signifikan di Aleppo timur yang dikuasai pasukan oposisi.

Beberapa distrik penting di sisi timur kota Aleppo, ibu kota Provinsi Aleppo yang sekaligus kota terbesar kedua setelah Damaskus, telah direbut kembali oleh militer Presiden Bashar al-Assad.

Namun, di sisi lain, pasukan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), justru terus merangsek maju ke Palmyra untuk merebutnya dari pasukan Suriah.

Para aktivis lapanghan SOHR mengatakan sekitar 50 tentara yang bersekutu dengan Damaskus telah tewas dalam pertempuran di Palmyra, di Provinsi Homs, Suriah tengah.

ISIS terus merangsek masuk ke kota kuno Palmyra, sejak Sabtu tengah hari, setelah pertempuran sengit dua hari dengan pasukan rezim Assad.

SOHR berbasis di London, Inggris, itu mengawasi dan melaporkan tentang perang saudara di Suriah. Mereka mengatakan, ISIS telah menguasai sebuah rumah sakit penting di Palmyra.

Sebelumnya mereka telah menguasai beberapa kilang minyak dan pos-pos strategis di dekat kota itu.

Dorongan ekstremis di provinsi Homs itu terjadi sembilan bulan setelah para militan diusir dari kota itu oleh pasukan pemerintah Suriah dan sekutu Rusia dalam serangan yang disebut pejabat militer Suriah sebagai “pukulan fatal” bagi organisasi ISIS.

Hingga Sabtu (10/12/2016) malam, pemerintahan Assad belum mengomentari pertempuran di Palmyra itu dan belum ada jumlah korban yang diumumkan secara resmi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.