Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2013, 12:55 WIB
EditorErvan Hardoko
SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan menggelar parade militer terbesar dalam satu dekade terakhir, Selasa (1/10/2013), untuk memperingati hari Angkatan Bersenjata ke-65 di Pangkalan AU Seongnam, di sebelah selatan ibu kota Seoul.

Dalam pidatonya Presiden Park Geun-hye mengatakan Korea Selatan akan membangun kemampuan pertahanan yang kuat untuk menahan ancaman dari Korea Utara.

"Kita harus membangun pertahanan kuat menghadapi ancaman Korea Utara hingga mereka menghentikan program nuklir dan membuat pilihan benar bagi rakyat Korea Utara dan perdamaian di Semenanjung Korea," ujar Park.

Presiden Park menegaskan kehadiran militer yang kuat sangat penting untuk mencegah munculnya perang.

"Sembari mempertahankan kerja sama pertahanan Korsel-AS, pemerintah akan memastikan kemampuan pertahanan anti senjata pemusnah massal, seperti sistem rudal pertahanan udara Korea (KAMD)," kata Park.

"Dengan kekuatan ini maka Korea Utara akan menyadari bahwa senjata nuklir mereka tak akan ada gunanya," sambung Park.

Sistem pertahanan "rantai pembunuh" dirancang untuk mendeteksi kedatangan rudal atau serangan nuklir. Setelah terdeteksi sistem ini akan meluncurkan serangan pencegahan.

Dalam parade militer ini, Korea Selatan menggelar berbagai persenjataan canggih termasuk rudal penjelajah Hyunmoo 3, yang diklaim Seoul bisa menghantam sasaran di Korea Utara dengan tepat.

Selain itu, 11.000 personel angkatan bersenjata dan 120 pesawat terbang juga ikut ambil bagian dalam parade militer ini.

Upacara hari angkatan bersenjata Korea Selatan ini dihadiri Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel dan Jenderal Martin Dempsey.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Yonhap,BBC
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.