Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Tahan 6 Pemuda yang Ingin Berperang ke Suriah

Kompas.com - 13/05/2014, 16:43 WIB
STRASBOURG, KOMPAS.com — Kepolisian Perancis, Selasa (13/5/2014), menahan enam orang yang diduga akan berangkat berjihad ke Suriah. Demikian penjelasan Kementerian Dalam Negeri Perancis.

Pada Selasa dini hari, pasukan polisi bersenjata lengkap melakukan penggerebekan dan penangkapan di kota Strasbourg, di wilayah timur Perancis.

"Penggerebekan itu menunjukkan upaya keras pemerintah untuk memerangi segala jenis terorisme dan indoktrinasi terhadap para pemuda," kata Mendagri Perancis Bernar Cazeneuve.

Cazeneuve menambahkan, awal bulan ini sebanyak 285 orang warga Perancis terlibat peperangan di Suriah, di tengah berbagai upaya yang dilakukan untuk mencegah warga bepergian ke negeri yang diamuk perang itu.

Belakangan terdapat keprihatinan di Perancis terkait jumlah pemuda negeri itu yang ikut berperang di Suriah. Pemerintah khawatir para veteran perang Suriah ini akan menimbulkan ancaman keamanan saat mereka pulang.

Pada April, Pemerintah Perancis mengungkap sebuah rencana anti-terorisme untuk mencegah radikalisme secara nasional, mencegah rekrutmen online, dan mempersulit warga meninggalkan negerinya untuk berperang di Suriah.

Radio Eropa menyatakan, 14 calon pejuang sudah berlayar dari Strasbourg menuju Suriah. Ke 14 pemuda ini saat pamit kepada orangtuanya berkata mereka hendak mencari pekerjaan ke Dubai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com