Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komandan Kondang Taliban Bertekuk Lutut

Kompas.com - 08/01/2014, 14:38 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Seorang komandan kondang Taliban untuk kawasan Uruzgan, selatan Afganistan, Mullah Momin akhirnya bertekuk lutut. Menurut warta AP  pada Rabu (8/1/2013), Momin menyerahkan diri kepada kepolisian setempat.


"Secara mengejutkan, ia seorang diri  mendatangi Kepolisian Distrik Deh Rahwad tengah malam tadi dan menyerahkan juga senjatanya ke polisi," kata Kepala Kepolisian Distrik Mohammad.

Menurut Mohammad, pertimbangan Momin menyerahkan diri adalah sudah hengkangnya pasukan asing di Uruzgan. "Tak ada alasan Taliban untuk berperang lagi di Uruzgan,"kata Mohammad mengutip pernyataan Mullah Momin.

Di Uruzgan, pasukan asing yang bertugas berasal dari Australia. Sudah sebulan silam, pasukan Australia itu hengkang. Saat kini, keamanan di Uruzgan sudah menjadi tanggung jawab pasukan nasional.

ABC Australia Kolonel Wade Stot Hart komandan pasukan Afganistan di wilayah Uruzgan, Afganistan menyambut Perdana Menteri Tony Abbott.

Mullah Momin punya nama asli Hamidullah. Ia sejatinya berasal dari Provinsi Kandahar. Hamidullah sejak beberapa tahun ini mengangkat senjata melawan pasukan asing. Sejauh ini, belum ada pernyataan dari Taliban terkait penyerahan diri Hamidullah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com