Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Belanda Jatuh

Kompas.com - 20/02/2010, 13:40 WIB

DEN HAAG, KOMPAS.com — Kabinet koalisi pemerintahan Belanda, Sabtu (20/2/2010), jatuh akibat gagal mencapai kata sepakat soal penarikan pasukan dari Provinsi Uruzgan, Afganistan.

Kantor berita ANP dan stasiun televisi RTL melaporkan, kabinet Perdana Menteri Jan Peter Balkenende pecah pendapatnya setelah berdiskusi selama 16 jam hingga Sabtu dini hari di Den Haag. Balkenende menyatakan, "Hari ini, saya akan mengajukan kepada Ratu (Belanda) pengunduran diri dari para menteri dan wakil perdana menteri dari PvdA (Partai Buruh)." PvdA merupakan satu dari tiga partai dalam pemerintah koalisi, bersama dengan Partai Kristen Demokrat (CDA) pimpinan Balkenende yang merupakan mitra terbesar.

Pasukan Belanda awalnya dijadwalkan ditarik dari Afganistan tahun ini. Namun, saat NATO berupaya meningkatkan serangan terhadap Taliban, lembaga itu meminta Belanda untuk mempertimbangkan kemungkinan memperpanjang keberadaan 2.000 tentaranya itu.

Partai Kristen Demokrat tampaknya ingin memperpanjang kerberadaan para tentara itu setelah batas waktu Agustus 2010 berakhir. Hal itu bertentangan dengan sikap Wakil Perdana Menteri Wouter Bos yang berasal dari Partai Buruh yang ingin agar misi Afganistan diakhiri sesuai jadwal semula, yaitu tentara terakhir Belanda harus pulang dari Uruzgan pada akhir tahun. (C17-09)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com