Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersama atau Tanpa Inggris, Perancis Siap Serang Suriah

Kompas.com - 30/08/2013, 16:53 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Giliran Perancis yang menegaskan hasrat terdalamnya untuk menyerang Suriah
lantaran dugaan penggunaan senjata kimia oleh rezim Presiden Bashar Al-Assad dalam perang saudara yang sudah berlangsung sekitar dua tahun itu. Menurut AFP pada Jumat (30/8/2013), Presiden Perancis Francois Hollande sudah memutuskan bergabung dengan para penyerang Suriah. "Dengan atau tanpa Inggris, kami tetap ikut ambil bagian untuk aksi militer terhadap Suriah," katanya menegaskan.

Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan tak akan melanggar keputusan parlemen lantaran pemungutan suara yang hasilnya menolak partisipasi Inggris menyerang Suriah.

Pemungutan suara ini dilakukan menyusul dugaan penggunaan senjata kimia oleh rezim Bashar Al-Assad di Suriah. Inggris menjadi salah satu pemerintahan yang paling keras bersuara mengutuk dan menyerukan perlunya tindakan terhadap rezim Assad, menyusul dugaan penggunaan kimia di Damaskus, Suriah, pada serangan Rabu (21/8/2013).

Dalam pemungutan suara parlemen Inggris di London, Kamis malam, aksi militer tidak didukung oleh 285 anggota parlemen. Dukungan atas aksi itu diberikan oleh 272 anggota parlemen. Kekalahan ini disebut media Barat sebagai kekalahan "mengejutkan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com