Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Bersiap Jadi "Tuan Rumah" Penyerang Suriah

Kompas.com - 30/08/2013, 15:57 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Turki terkesan bersiap jadi "tuan rumah" negara-negara penyerang Suriah. Secara implisit, tulis AP pada Jumat (30/8/2013), persiapan ke arah tersebut menjadi bahan diskusi petinggi Turki, termasuk pemimpin militer.

Di Ankara, Presiden Abdullah Gul menerima Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan, Kepala Intelijen Negara Hakan Fidan, dan Menteri Luar Negeri Ahmed Davutoglu untuk pembicaraan terpisah menyangkut isu terkini soal Suriah.

Media lokal Turki melaporkan kalau negeri itu memang bersiap menghadapi rencana penyerangan Turki oleh AS dan sekutu-sekutunya. Setidaknya, secara teknis, Turki sudah
mengalokasikan personel angkatan bersenjata ke perbatasan dengan Suriah. Tak cuma itu, Turki juga sudah menempatkan misil Stinger dan I-Hawk di sepanjang perbatasan tersebut. "Hal ini mengesankan kalau Turki siap ambil bagian dalam penyerangan itu," kata media setempat.

Persiapan untuk menjadi "tuan rumah" itu terlihat pula dengan kesibukan di Incirlik di Provinsi Adana di Selatan Turki. Incirlik adalah basis AS di Turki. Jaraknya sekitar 200 kilometer dari Damaskus, ibu kota Suriah. Incirlik bisa disulap menjadi basis logistik terdepan andai serangan ke Suriah terwujud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com