Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langgar Wilayah Udara Korea Selatan, Jet Tempur Rusia Disambut Tembakan Peringatan

Kompas.com - 23/07/2019, 12:34 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Reuters,AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Militer Korea Selatan melepaskan dua kali tembakan peringatan ke arah sebuah jet tempur Rusia yang terdeteksi memasuki wilayah udara Korsel, pada Selasa (23/7/2019).

Disampaikan Kementerian Pertahanan Korea Selatan, pesawat tempur itu adalah satu dari tiga pesawat milik Rusia yang terdeteksi memasuki Zoba Identifikasi Pertahanan Udara Korea (KADIZ), pada Selasa pagi.

"Ini adalah pertama kalinya pesawat militer Rusia melanggar wilayah udara Korea Selatan," ujar seorang pejabat kementerian pertahanan, dikutip Reuters.

Selain pesawat militer Rusia, kementerian juga mendeteksi dua pesawat militer China yang memasuki KADIZ. Belum ada komentar publik langsung dari pihak berwenang Rusia maupun China terkait masalah ini.

Baca juga: Jet AS Cegat dan Beri Tembakan Peringatan ke Arah Sukhoi Rusia

"Pemerintah Korea Selatan akan mengajukan pengaduan resmi atas pelanggaran yang dilakukan China dan Rusia," kata Kementerian Pertahanan dalam pernyataannya.

Menurut militer Korea Selatan, pesawat tempur Rusia itu telah melanggar wilayah udara di atas Dokdo, sebuah pulau yang diduduki Korsel dan juga diklaim oleh Jepang, yang menyebutnya Takeshima.

Pesawat itu melintas tepat setelah pukul 09.00 pagi waktu setempat. Tindakan pelanggaran itu berlangsung selama sekitar tiga menit.

Atas tindakan pelanggaran itu, militer Korea Selatan mengambil tindakan taktis termasuk menjatuhkan suar dan melepaskan tembakan peringatan. Demikian disampaikan kementerian pertahanan.

Pesawat Rusia itu sempat meninggalkan wilayah udara Korea Selatan tetapi kemudian kembali masuk setelah sekitar 20 menit selama empat menit, mendorong Korea Selatan untuk melepaskan tembakan peringatan kedua.

Kementerian mengatakan pesawat tempur Korea Selatan "melakukan respons normal" terhadap serangan itu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Sementara dilansir AFP, Angkatan Udara Korsel sempat mengerahkan jet tempur F-15 dan F-16 untuk mencegat pesawat Rusia dan menembakkan suar setelah mengirim pesan ke pesawat tersebut.

Baca juga: Pesawat Jet Rusia Lakukan Manuver Berbahaya Terhadap Pesawat AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com