Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Kirim Jet Tempur Kawal Pesawat Pengebom Rusia yang Masuk Wilayahnya

Kompas.com - 21/06/2019, 16:46 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Pasukan Bela Diri Udara Jepang (JASDF) mengirim jet tempurnya setelah mendeteksi adanya dua pesawat pengebom milik Rusia yang memasuki wilayah udara Jepang selatan.

Dilansir Japan Today, jet-jet tempur tersebut dikirim guna mengawal pesawat-pesawat Rusia itu keluar dari wilayah udara Jepang.

Dua pesawat pengebom Tupolev Tu-95 milik Rusia terlihat memasuki wilayah udara Jepang di dekat Pulau Minamidaito, Okinawa, pada Kamis (20/6/2019), sekitar pukul 8.55 pagi waktu setempat.

Salah satu dari pesawat pengebom tersebut kembali terlihat terbang di dekat Pulau Hachijo, kepulauan Izu, selatan Tokyo, pada pukul 10.20 pagi. Pesawat itu tidak sampai melakukan manuver berbahaya.

Baca juga: Rusia Kirim Jet Pengebom Tu-22M3 dan Sistem Rudal Iskander ke Crimea

"Dua pesawat pengebom itu terlihat terbang ke selatan dari arah Laut Jepang melalui Selat Tsushima antara barat daya Jepang dan Korea Selatan pada pagi hari. Pesawat kemudian berbelok ke utara melewati selatan Okinawa," kata kementerian pertahanan.

Pemerintah Jepang telah mengajukan protes keras kepada Rusia, menurut Kementerian Luar Negeri Jepang.

Namun kantor berita TASS melaporkan, Kementerian Pertahanan Rusia membantah telah terjadinya pelanggaran oleh pesawat pengebom mereka.

Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dikutip media, mengatakan bahwa penerbangan pesawat pengebomnya dilakukan dengan kepatuhan yang ketat pada aturan internasional dan tanpa melanggar perbatasan negara lain.

Dua jet tempur milik JASDF dilaporkan telah mengawal dua pesawat pengebom Rusia yang sedang menjalankan misi penerbangan selama lebih dari 14 jam, lanjut laporan TASS.

Baca juga: Pesawat Pengebom Rusia Jatuh di Kutub Utara, Tiga Awak Tewas

Itu bukan kali pertamanya pesawat militer milik Rusia dilaporkan memasuki wilayah udara Jepang tanpa izin.

Pada September 2015, apa yang tampak seperti pesawat Rusia dilaporkan telah melanggar wilayah udara Jepang utara di Semenanjung Nemuro, pulau utama Hokkaido.

Kawasan tersebut berdekatan dengan Pulau Kunashiri dan kepulauan Habomai, dua dari empat pulau yang diklaim Jepang, namun dikuasai Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com