Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur AS Cegat Enam Pesawat Militer Rusia

Kompas.com - 22/05/2019, 09:20 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Jet tempur AS dilaporkan telah mencegat enam pesawat militer Rusia di wilayah udara internasional di barat Alaska, yang kemudian mengawal hingga mereka keluar dari daerah itu.

Informasi tersebut disampaikan oleh Komando Pertahanan Udara Amerika Utara (NORAD), Selasa (21/5/2019).

"Pesawat militer Rusia itu termasuk dua pembom strategis Tu-95 yang dicegat oleh dua jet tempur F-22, pada Senin (20/5/2019)," kata NORAD dalam pernyataannya.

Baca juga: Rusia Rilis Bukti Jet Tempurnya Cegat Pesawat Pengintai AS di Atas Laut Baltik

"Kelompok kedua yang terdiri dari dua pembom Tu-95 dan dua jet tempur Su-35 juga telah dicegat oleh sepasang F-22," lanjut pernyataan itu.

Menurut hasil pantauan operasi yang dilakukan melalui pesawat pengintai AWACS, pesawat Rusia tersebut berada di wilayah udara internasional.

Pesawat Rusia dicegat sesaat setelah memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska, garis perimeter di luar wilayah udara nasional yang mana lalu lintas udaranya tetap di bawah pengawasan konstan untuk mengurangi waktu respon jika terjadi ancaman musuh.

"Kemampuan kami untuk mencegah dan menaklukkan ancaman terhadap warga dan infrastruktur vital kami dimulai dengan tahap pendeteksian, pelacakan, dan pengidentifikasi pesawat secara positif dalam wilayah udara kami," kata Komandan NORAD, Jenderal Terrence O'Shaughnessy.

"Kami tetap siaga selama 24 jam sehari, tujuh jam seminggu, dan 365 hari selama sepanjang tahun," tambahnya dikutip AFP.

Amerika Serikat memiliki empat Zona Identifikasi Pertahanan Udara, sementara Zona Alaska memanjang sejauh sekitar 320 kilometer dari pantai terluar.

Baca juga: Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat AL AS dalam Manuver Berbahaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com