Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Akan Mobilisasi OKI untuk Melawan Fasisme Eropa

Kompas.com - 14/03/2017, 22:02 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Selasa (14/3/2017), mengatakan, akan meningkatkan upayanya melawan rasialisme, Islamofobia, dan xenofobia.

Upaya ini, ujar Erdogan, akan dilakukan di berbagai organisasi internasional khususnya di Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

"Masalah ini bukan hanya masalah Turki. Fasisme kini menunjukkan wajah kotornya secara negatif memengaruhi umat Muslim dan orang asing yang tinggal di Eropa," ujar Erdogan.

Erdogan kemudian menyerukan agar semua warga Turki, Muslim, dan orang asing di Jerman dan Belanda agar tak memilih partai politik yang memiliki kebijakan anti-Turki.

Sementara itu, Erdogan kembali menyerang Belanda dengan menyebut negeri itu bertanggung jawab atas pembantaian massal terburuk di Eropa sejak Perang Dunia II berakhir.

"Kita mengetahui Belanda dari pembantaian Srebrenica. Kita memahami betapa busuknya karakter mereka dari pembantaian 8.000 orang Bosnia di sana," tambah Erdogan.

Erdogan merujuh pada sebuah batalion angkatan darat Belanda yang tergabung dalam pasukan penjaga perdamaian PBB di Bosnia.

Pasukan Belanda gagal mencegah pembantaian 8.000 pria dan anak laki-laki Bosnia di Srebrenica yang dilakukan pasukan Serbia pada 1995.

Pada 2002, pemerintahan PM Wim Kok mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggung jawaban kegagalan militernya mencegah pembantaian itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com