Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Afganistan Bunuh 6 Staf Lokal LSM Perancis

Kompas.com - 27/11/2013, 16:57 WIB
MAZAR-I-SHARIF, KOMPAS.com — Sekelompok orang bersenjata yang diduga adalah Taliban, Rabu (27/11/2013), menembak mati enam warga lokal yang bekerja untuk kelompok amal Perancis, ACTED, di Afganistan utara.

Keenam orang itu diseret dari mobil yang mereka kendarai di distrik Pashtun Kot, provinsi Faryab, yang berbatasan dengan Turkmenistan. Setelah itu, keenam orang tersebut langsung ditembak mati.

"Mereka sedang menempuh perjalanan dari (ibu kota provinsi) Maimana ke distrik Almar. Mereka dikejar tersangka Taliban dan mobil mereka dihentikan di distrik Pashtun Kot," kata kepala kepolisian provinsi Faryab, Nabi Jan Mullahkhail.

Badan untuk Kerja Sama Teknik dan Pembangunan (ACTED) mengeluarkan pernyataan dari kantor pusatnya di Paris, yang isinya mengecam keras pembunuhan tersebut.

"Enam staf warga Afganistan tewas dalam sebuah serangan yang mengincar tim beranggotakan tujuh orang itu. Satu orang staf terluka," demikian pernyataan resmi ACTED.

ACTED adalah lembaga nonpemerintah yang didirikan pada 1993 dan kini menjalankan sejumlah proyek rekonstruksi di Afganistan dan negara-negara berkembang lain.

Saat ini, ACTED memiliki 34 proyek di Afganistan. Tahun lalu lembaga ini memiliki 864 staf lokal dan 13 staf internasional di negeri itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com