Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-kudeta, Turki "Kartu Merah" Puluhan Wasit Sepak Bola

Kompas.com - 03/08/2016, 10:47 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com — Federasi sepak bola Turki menyatakan telah memecat 94 orang ofisial pertandingan, termasuk para wasit dan hakim garis, pasca-kudeta gagal 15 Juli lalu.

"Federasi menganggap penting untuk memberhentikan 94 orang, termasuk para wasit, hakim garis nasional dan regional, anggota komite perwasitan, dan anggota pengawas pertandingan," demikian pernyataan Federasi Sepak Bola Turki (TFF).

Sejauh ini, belum diperoleh informasi jumlah pasti wasit yang dipecat TFF dan nama-nama wasit atau hakim garis yang dipecat itu.

Pemecatan para pengadil lapangan hijau ini tampaknya merupakan bagian dari pembersihan yang dilakukan Pemerintah Turki pasca-kudeta.

Sejauh ini, lebih dari 60.000 orang, termasuk anggota militer, hakim, jaksa dan akademisi, dipecat dan ditahan. Sementara itu, 10.000 orang sudah ditetapkan sebagai tersangka pelaku kudeta.

Pemerintah Turki sendiri menuding ulama Fethullah Gulen yang kini bermukim di AS sebagai dalang kudeta itu dan mendesak AS agar mengekstradisi Gulen ke Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com