Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2019, 19:33 WIB
Ericssen,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com – Politisi senior Malaysia Anwar Ibrahim kembali bersuara terkait transisi dirinya menggantikan Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri Malaysia.

Dalam kicauannya di Twitter, dia sudah bertemu dengan Mahathir Kamis (21/11/2019), dan menegaskan tidak perubahan mengenai kesepakatan politik bahwa dia bakal meneruskan tampuk kepemimpinan.

Mantan Wakil Perdana Menteri itu melanjutkan, suksesi kursi PM bakal dilakukan dengan cara yang tertib. Hanya, Anwar Ibrahim tak menyebutkan kapan Mahathir bakal lengser.

Baca juga: Mahathir Pastikan Serahkan Kekuasaan kepada Anwar Ibrahim

Seperti diketahui, koalisi Pakatan Harapan yang berkuasa telah sepakat bahwa PM berjuluk Dr Ma itu bakal menyerahkan kekuasaan kepada Anwar Mei 2020, atau dua tahun pasca-menjabat.

Namun, banyak kalangan meragukan sukses itu bakal terjadi. Apalagi, Mahathir sempat mengungkapkan dia tidak berencana mundur tahun depan.

Ada juga yang berspekulasi dia akan turun setelah perhelatan KTT APEC, di mana Kuala Lumpur bakal menjadi tuan rumah November 2020 mendatang.

Anwar juga sempat menyinggung KTT. Tokoh politik 72 tahun itu berkicau dia dan Mahathir akan fokus pada pertumbuhan ekonomi dan penyelenggaraan KTT APEC.

Baca juga: Cerita Anwar Ibrahim Enggan Baca Buku Kisah Cinta Habibie-Ainun

Prahara Kekalahan Pemilu Sela

Posisi Mahathir goyah setelah kekalahan telak nan mengejutkan dalam pemilu sela di distrik Tanjung Piai, pada Sabtu pekan lalu.

Calon yang diusung Pakatan, Karmaine Sardini dari Partai Bersatu yang dipimpin sang PM dipermalukan Wee Jeck Seng.

Wee dari Partai Asosiasi China Malaysia (MCA), tergabung dalam koalisi oposisi Barisan Nasional, meraih kemenangan dengan raihan 65,5 persen berbanding 26m74 persen.

Hasil tersebut memicu goncangan politik di Negeri "Jiran". Sebab dalam pemilu 2018, jagoan yang diusung Bersatu, Mohamed Farid, menang tipis atas Wee dengan selisih 524 suara.

Kehilangan kursi di Negara Bagian Johor ini menjadi kekalahan keempat Pakatan dari sembilan pemilu sela yang digelar sejak mereka berkuasa pada Mei 2018.

Baca juga: Transisi Kekuasaan ke Anwar Ibrahim, Mahathir Mengaku Belum Membicarakannya

Petinggi Partai Keadilan Rakyat (PKR) pimpinan Anwar mulai menyerukan agar Mahathir tidak lagi menunda pengunduran dirinya.

Para petinggi PKRI itu menyatakan, Malaysia saat ini memerlukan kepemimpinan dan arahan baru di bawah kendali Anwar.

PM berusia 94 tahun itu menuturkan, Pakatan perlu melakukan evaluasi menyeluruh setelah kalah, dengan dirinya mempertimbangkan reshuffle kabinet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com