Kompas.com - 18/07/2019, 13:04 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi, mereka resmi mengeluarkan Turki dari program jet tempur F-35 buntut pembelian sistem rudal S-400.

Pernyataan itu dilontarkan oleh Wakil Menteri Pertahanan untuk Akuisisi dan Keberlanjutan Ellen Lord, sebagaimana diberitakan Al Jazeera Kamis (18/7/2019).

"AS dan mitra F-35 lainnya selaras dengan keputusan untuk menangguhkan Turki dari program dan memulai proses untuk mengeluarkan mereka," jelas Lord.

Baca juga: Korsel Beli F-35 AS, Korea Utara Terpaksa Kembangkan Senjata Khusus

Sementara juru bicara Gedung Putih Stephanie Grisham mengatakan keputusan Turki membeli S-400 dari Rusia membuat masa depan partisipasi mereka di F-35 jadi mustahil.

"Pesawat Tempur Gabungan F-35 dikhawatirkan bakal dipelajari oleh Rusia melalui media pengumpulan informasi intelijen mereka," papar Grisham dikutip AFP.

Grisham melanjutkan, sebenarnya mereka sudah berkali-kali menawarkan sistem pertahanan Patriot kepada Turki. Namun mereka bersikukuh memperoleh S-400.

"Pembelian itu bakal memberikan dampak buruk kepada interoperabilitas Turki dengan aliansi," tutur Grisham merujuk kepada organisasi Atlantik Utara atau NATO.

Dia menambahkan Washington masih "sangat menghargai" hubungan dengan Ankara dan akan terus bekerja sama dengan mereka dalam skala yang lebih besar.

Sementara Lord menjelaskan memindahkan rantai pasokan komponen F-35 bakal menelan biaya hingga 600 juta dollar AS, atau setara dengan Rp 8,3 triliun.

Dia memaparkan sebagai mitra program, Turki membuat 900 komponen jet tempur siluman itu, dengan Lord menambahkan sebagian besar pemasok bakal diambil oleh perusahaan AS.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.