Kompas.com - 29/06/2019, 17:51 WIB

OSAKA, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan, dia begitu marah terhadap kasus pembunuhan yang menimpa jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi.

Meski begitu di sela pertemuan KTT G20 yang diselenggarakan di Osaka, Jepang, Trump menyebut tidak ada yang "mengacungkan jari" kepada Saudi.

Baca juga: Tim Pembunuh Khashoggi Sempat Berdiskusi Cara Membawa Jenazahnya

Komentar Trump itu muncul setelah pakar PBB merilis laporan bahwa Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) tidak mungkin tak mengetahui pembunuhan itu.

Khashoggi yang dikenal sebagai pengkritik utama MBS dibunuh oleh tim beranggotakan 15 orang ketika mengurus dokumen pernikahan di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki, 2 Oktober 2018.

"Saya sangat marah dan tidak senang dengan kasus itu," kata Trump kepada wartawan ketika ditanyakan apakah dia membahas kasus itu dengan MBS di pertemuan G20.

"Namun, sejauh ini tidak ada yang mengacungkan jarinya langsung kepada rasa masa depan Arab Saudi itu," terang presiden 73 tahun itu dikutip AFP Sabtu (29/6/2019).

Trump melanjutkan, Saudi sudah menangani kasus itu secara serius. Merujuk kepada pengadilan yang dikritik karena tidak transparan tanpa menyebutkan nama pelaku.

"Mereka adalah sekutu yang hebat," kata Trump yang tetap menjalin pertemanan dengan MBS, bahkan menghujaninya dengan pujian dalam pertemuan Sabtu.

Baca juga: Sebelum Dibunuh, Khashoggi Sempat Disebut sebagai Hewan Kurban

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.